Iptek dan Lingk. Hidup

Terinspirasi Olimpiade London-AG Jakarta akan bebas Sampah

(beritasatu.com)-Jakarta-Kadis LH DKI, Isnawa Adji bertekad akan menjadikan Asian Games (AG) ke-18-2018 sebagai even bebas sampah. Terinspirasi Olimpiade London, ia akan mengajak warga Ibu Kota jadi relawan ramah lingkungan selama perhelatan pesta OR 4 tahunan itu.

 

Dalam Olimpiade London beberapa tahun lalu, mayoritas warga terlibat jadi relawan menjaga kebersihan London. Mereka terlibat aksi menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, moda transportasi umum, penghematan energy, penanaman pohon dan tidak pakai plastik. “Dari tindakan itu pemerintah dan warga kompak. Menjadikan kotanya jadi idaman negara lain” katanya (17/7).

 

Kondisi itu bisa diterapkan di Jakarta. Syaratnya, kerja keras dan komitmen semua pihak. AG-2018 diharapkan jadi momen kebersamaan menciptakan perubahan Jakarta dengan keterlibatan warga kotanya. “Kita telah buktikan kesuksesan kolaborasi antara pemerintah dan warga beberapa waktu lalu dengan menjadikan Jakarta pemenang global ajang We Love Cities 2018”.

 

Salah satu yang dilakukan adalah mengumpulkan pelaku UKM yang mendukung rangkaian AG agar menyosialisasikan prinsip less waste event (even bebas sampah). “Terutama mengurangi sampah kemasan makanan di sekitar venue” paparnya.

 

Dinas LH DKI juga menyiapkan prasarana dan sarana kebersihan, mendukung AG-2018 di antaranya, bus toilet 25 unit, bus toilet khusus disabilitas 2 unit, truk tanki air bersih dan kotor 10 unit, truk sampah compactor 16 unit, road sweeper 40 unit, gerobak motor 100 unit dan tong sampah Jerman 450 unit. “Semua tersebar di venue dan Wisma Atlet”.

 

Pihaknya telah membangun Tempat Penampungan Sampah (TPS) 3R (reduce, recycling, reuse) di Gelora Bung Karno dan di Wisma Atlet Kemayoran tahun lalu. “Di sini, sampah dari Kawasan GBK dan Kemayoran dipilah dan sampah organiknya diolah jadi kompos,” terangnya. (Leny Tristia Tambun; WBP; Bahan dari : Beritasatu.com dan    http://www.beritasatu.com/megalopolis/501523-terinspirasi-olimpiade-london-asian-games-di-jakarta-didorong-bebas-sampah.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close