Iptek dan Lingk. Hidup

INKA Mau Memproduksi Kereta Cepat Merah Putih

(Cuplikan dari ekonomi.bisnis.com)- JAKARTA – PT INKA bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengembangkan kereta cepat buatan dalam negeri bernama Kereta Cepat Merah Putih.

Mengutip unggahan video kanal YouTube resmi LPDP RI (6/10/2023) kereta ini akan menghubungkan Jakarta-Surabaya melalui jalur utara dengan rute Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Produksi Kereta ini akan dilakukan oleh PT Inka.

ereta ini ditargetkan rampung diproduksi pada 2025 dan diuji coba pada 2026. Departemen Produk Industri ITS juga turut ambil bagian dalam membuat rancang bangun dan prototyping Kereta Cepat Merah Putih.

Ketua Tim Peneliti Rancang Bangun dan Proyotyping Kereta ini Agus Windharto menjelaskan, pengembangan kereta cepat buatan anak bangsa ini dimulai 2019.

Dia mendapatn pendanaan RISPRO (Riset Inovatif Produktif) Kompetisi Rp4,89 miliar selama 3 tahun untuk merancang bangun dan prototyping kereta cepat Indonesia. Pendanaan ini diperpanjang karena adanya pandemi Covid-19.

Riset yang selesai melingkupi pengerjaan desain envelope cabin dan kokpit. Selain itu, studi human factors engineering, ergonomics, pengujian aerodinamis, serta perancangan dan pengujian struktur car body juga dilakukan.

Ia tak merinci secara detail kecepatan maksimal kereta dalam negeri ini. Kereta Cepat Merah Putih akan berkecepatan maksimal di atas kereta konvensional yang ada di Indonesia saat ini di kisaran 80 km/jam hingga 120 km/jam.

Dengan asumsi kecepatan itu maka waktu tempuh Jakarta-Surabaya dengan kereta Argo Bromo Anggrek dulu memakan waktu 12-13 jam kini dapat ditempuh 8 jam an. “Nah kereta cepat ini jika diimplementasikan bisa ditempuh 3 jam 40 menit,” kata Agus dalam dikutip dari kanal YouTube LPDP RI.

Pengembangan kereta ini berdampak pada penguasaan teknologi, pada  perguruan tinggi, instansi pemerintah, hingga PT Inka (manufaktur). Ke depannya RI tidak lagi bergantung pada luar negeri dalam pembangunan kereta cepat.

Pasalnya, komponen moda transportasi ini bisa diproduksi di Indonesia. “Jadi di sini kita akan ada lompatan teknologi dengan kita masuk ke domain kereta cepat ini,” tuturnya. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Bukan dari China, PT Inka Mau Bikin Kereta Cepat Merah Putih”, Klik selengkapnya di sini: https://ekonomi.bisnis.com/read/20231006/98/1701719/bukan-dari-china-pt-inka-mau-bikin-kereta-cepat-merah-putih;

Penulis : Lorenzo Anugrah Mahardhika-Bisnis.com

Editor : Rio Sandy Pradana
Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: https://bit.ly/AppsBisniscomPS
(Disajikan ulang dan diedit oleh FatchurR) *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close