Kesehatan

Angin duduk yang wajib kita ketahui

(1health.id)-Angin duduk salah satu penyakit yang terdengar berbahaya dan sering dikhawatirkan, namun apa itu penyakit angin duduk itu?

 

Angin duduk atau bahasa medisnya angina ialah kondisi otot2 pada jantung kurang menerima pasokan darah akibat terjadinya penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah, sehingga menimbulkan rasa nyeri di dada.

 

Angin duduk terjadi tiba2, gejala lain yang menyertai datangnya angin duduk ialah, sesak napas, rasa kelelahan, mual, pusing, gelisah dan produksi keringat berlebih. Rasa nyeri bahkan bisa menjalar hingga leher, rahang, punggung dan lengan sebelah kiri.

 

Angin duduk ketika terjadi penyempitan pembuluh darah koroner. Jantung butuh asupan darah yang kaya oksigen, darah ini dialirkan melalui 2 pembuluh darah besar: pembuluh koroner. Jika terjadi penyempitan pembuluh koroner, darah yang masuk ke otot2 jantung tersumbat dan menyebabkan penyakit angin duduk. Ada 3 jenis angin duduk yang menyerang se-waktu2, yakni:

 

Angin duduk stabil

Kondisi angin duduk stabil dipicu aktivitas fisik OR. Ketika seseorang ber-OR, jantung lebih banyak butuh asupan darah. Jika pembuluh koroner menyempit, maka kebutuhan asupan darah ini tidak tercukupi. Hal2 yang juga memicu angin duduk ialah stres, merokok, terlalu banyak makan dan udara dingin.

 

Angin duduk tidak stabil

Beda dengan angin duduk stabil, nyeri disebabkan oleh angin duduk tidak stabil lebih sulit hilang bahkan bisa terus ada walau penderitanya istirahat dan minum obat. Angin duduk tidak stabil dipicu timbunan lemak atau pembekuan darah yang menghalangi aliran darah ke jantung. Jika dibiarkan, maka lama2 berkembang jadi serangan jantung.

 

Angin duduk Varian

Angin duduk varian menyerang kapan saja, bahkan ketika tidak beraktivitas fisik. Angin duduk varian terjadi karena penyempitan arteri jantung akibat spasme. Penyempitan sementara pada arteri dapat menyebabkan pasokan darah ke jantung berkurang dan menimbulkan rasa sakit.

 

Gejalanya sering kali parah, namun bisa Anda atasi dengan pengonsumsian obat-obatan. (Article By Claudia Ramadhani; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/ini-3-jenis-angin-duduk-yang-wajib-diketahui.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close