Kesehatan

Trik bikin anak suka Makan Sayur

(lifestyle.kompas.com)-JAKARTA, Putri Indonesia 2004 sekaligus aktris Artika Sari Devi melakukan “trik” khusus agar anak2nya menyukai sayuran. Trik itu sejak putri pertamanya, Sarah Ebiela Ibrahim (Ebi) masih kecil. Saat itu, Artika mengenalkan lebih dulu rasa asli dari sayur dan buah tanpa diolah.

 

Salah satunya dengan cara bermain peran alias menjadikan sayur2an itu sebagai tokoh. “Saya ajak dia untuk dongeng. Saya masukin tokoh2 buah dan sayur, ada karakter baik di dalamnya yang jika masuk tubuh bisa bantu agar tubuhnya kuat dan tahan dari penyakit,” kata Artika di konferensi pers bersama Minute Maid di Jakarta, (19/7/18).

 

Cara itu dinilainya efektif. Anak cenderung memiliki kedekatan lebih dengan sayuran dan buah2an. “Jadi dia kenal itu bukan cuma sebagai makanan tapi sebagai sahabatnya” kata Artika. Untuk memberikan pemahaman terhadap sayuran, Artika rutin membawa Ebi ke toko buah, pasar atau supermarket agar ia bisa pilih sayur yang diinginkannya.

 

Kemudian, Artika mengajak Ebi membantu memasak. “Jadi misalnya bikin cap cay atau sayur campur, tugas dia cuci dan potong sayuran. Jadi ketika masakannya jadi dia enggak: “ih, mama masak apa tuh”. Tapi ini masakan yang kita masak,” ujarnya.

 

Selain itu, Artika menekankan pentingnya mengajak anak mencoba sayuran, meski jumlahnya tak banyak. Ia pun tak akan memaksa untuk menghabiskan sayur dalam jumlah banyak. Hal itu agar tak timbul trauma saat anak mencicipi sayuran.

 

“Hari ini boleh sedikit coba, enggak apa2. Saya enggak paksa dia menghabiskan. Besoknya harus lebih banyak, lebih banyak lagi, sampai lama2 dia habiskan”. (Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Trik Artika Sari Devi Bikin Anak Suka Makan Sayur”, Penulis : Nabilla Tashandra; Editor : Lusia Kus Anna; Bahan dari :  https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/20/093753820/trik-artika-sari-devi-bikin-anak-suka-makan-sayur)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close