Opini dan sukses bisnis

Bisnis yang bisa dilakukan bila tinggal di desa(2/3)

(ekonomi.kompas.com)-2. Bisnis Sembako

Sembako atau 9 bahan pokok yang terdiri dari beras atau bahan makanan utama lain, lalu gula sayur2an,  buah, daging dan ikan, minyak goreng, susu, telus, gas, dan garam dapur, ini kebutuhan masyarakat sei-hari2.

 

Nah, toko sembako di desa tentunya jumlahnya tak sebanyak yang ada di kota. Maka, bila Anda memang berada atau akan tinggal di desa, kenapa tidak mencoba bisnis yang satu ini.

 

Tak perlu harus bermodal besar sekaligus, Anda bisa mencicilnya menjual sembako dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Lama kelamaan, toko sembako Anda pun akan besar karena akan banyak agen atau supplier yang menawarkan barangnya dijual di toko Anda.

 

2-Pertanian
Tak harus mahir di bidang pertanian, Anda bisa mempelajarinya sedikit semi sekit bidang ini. Hingga pada akhirnya, Anda pun paham dan mengerti untuk mulai dijadikan peluang usaha. Ya, tentu saja bisnis pertanian ini hanya ada di perdesaan, bukan di kota yang ketersediaan lahannya terbatas.

 

Anda bisa memiliki berbagai jenis tanaman yang diinginkan dan disesuaikan kondisi wilayah desa itu. Sebab, tidak semua tanaman bisa tumbuh baik di daerah lain. Sebagai contoh, untuk tanaman stroberi tentu saja hanya bisa tumbuh dan berbuah dengan baik di are pegunungan karena memiliki suhu yang dingin.

 

Selain iklim, perhatikan pula kondisi tanah yang ada di desa. Pilih daerah yang memiliki lahan humus agar tanaman dapat tumbuh subur sehingga hasil panen Anda melimpah setiap tahun.

 

3-Alat Bangunan

Menjual alat2 bangunan di desa sepertinya pas mengingat pembangunan di desa masih diperlukan. Anda bisa menjual berbagai peralatan dan kebutuhan untuk membangun, seperti semen, ember, sendok pengaduk semen, dan alat-alat bangunan lainnya.

 

Karena penjual alat-alat bangunan di desa masih sedikit, Anda dapat menetapkan harga jual yang lebih tinggi karena memperhitungkan jarak tempuh antara desa dan kota yang membutuhkan bahan bakar tidak sedikit. Jadi wajar-wajar saja jika harganya sedikit dinaikkan asalkan masih dalam batas wajar.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Jangan Bingung, Ini Bisnis yang Bisa Dilakoni bila Tinggal di Desa”, Editor : Bambang Priyo Jatmiko; Bahan dari :  cermati.com dan https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/09/080000326/jangan-bingung-ini-bisnis-yang-bisa-dilakoni-bila-tinggal-di-desa)-FatchurR * Bersambung…….

 

*** Jangan lupa anda yang Pensiunan disarankan bergabung dengan BPTg, (komunitas Bisnis Pensiunan grup Telkom), untuk menambah wawasan atau bertukar informasi dsb. (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close