Islam

Embun Pagi-Ilmu Kurma

Dalam pengajian Sabtu Pagi di Morangan, seorang jama’ah menanyakan tentang istilah ‘Muhammadan ‘abduhu warosuuluhu’. Kemudian pak Ustadz KH Slamet Rahardjo menjelaskan, bahwa Nabi Muhammad selain Rasul juga abdi, hamba Allah. Ini penegasan Nabi Muhammad juga seorang manusia.

 

Beliau memiliki sifat2 ‘kamanungsan’, sifat lahirian manusia. Beliau juga lapar dan makan. Namun beliau sebagai utusan Allah memberi tauladan, makan yang baik. Beliau tak pernah mencela masakan, kalau beliau tidak suka ya beliau tidak makan. Sebagaimana manusia, beliau juga haus dan minum. Namun beliau meneladani cara minum yang baik, beliau selalu mencari tempat untuk duduk sebelum minum.

 

Sebagai manusia, beliau juga seperti masyarakat Arab sekeliling beliau, ada hal2 yang beliau tidak ketahui. Prof.Hamka menulis sekalipun banyak ayat2 Al Qur’an mengenai pengetahuan Alam, matahari, bulan, bintang, jagat raya, namun beliau tidak mengetahui Ilmu Falak dan Ilmu Hisab.

 

Bahkan menurut hadits yang shahih, riwayat Bukhari dan Muslim, beliau bersabda bahwa beliau seperti yang lain waktu itu, adalah umat yang ummi, tidak tahu tulis dan tidak tahu baca. Bilangan bulan yang nyata adalah 29 atau 30, cuma itu yang beliau tahu.

 

Dalam riwayat, Nabi melewati seorang sahabat sedang mengibas-kibaskan bunga kurma. Nabi berkata, tanpa kau kibaskan kurmamu-pun tetap baik. Sahabat itupun menghentikan perbuatan itu. Ketika kemudian Nabi mengetahui bahwa hasil kurma tidak sebaik seperti biasanya, sahabat itu mengatakan,

 

‘Ya Rasulullah telah engkau katakan begini, begitu tentang kurma itu’, kemudian Rasul bersabda, “Tentang ilmu agama tanyalah kepadaku, tapi tentang ilmu dunia, engkau lebih tahu dariku”.

 

Tauladan tentang sikap tawadu, rendah hati ini tetap relevan sampai saat ini. Banyak orang bodoh yang “sok-tahu”, mengurus yang bukan ahli-nya, maka tunggulah kehancuran pasti tiba. (Sadhono Hadi; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close