Islam

Masjid Selat Malaka Yang Terapung Di Selat Terpanjang Dunia

(travel.detik.com)-SELAT MALAKA; Masjid satu ini tak hanya cantik tapi juga unik. Mengapung di selat terpanjang dunia, inilah Masjid Selat Malaka. Seperti namanya, masjid ini di tepi Selat Malaka, Malaysia. Konstruksi bangunan ini bertiang pondasi yang tertancap di dasar laut.

Saat laut pasang, masjid ini terlihat mengapung. Ini mengapa julukannya masjid terapung. Masjid Selat Malaka baru dibuka tahun 2006. Pembangunan masjid menghabiskan dana Rp 36 miliar.

 

Meski bangunan baru, tapi masjid ini jadi ikon dari Negeri Jiran. Keindahan masjid ini juga jadi pusat perhatian. Bisa menampung 2.000 jamaah dalam sekali ibadah, masjid ini memiliki luas 1,8 hektar. Tak heran, Masjid Selat Malaka ramai saat salat Jumat.

Melihat masjid ini dari seberang pantai adalah salah satu spot terbaik. Yang melihatnya akan terbuai dengan keindahan arsitektur gabungan gaya melayu dan timur tengah.

Kubah yang berwarna kuning dikombinasi dinding masjid yang berwarna putih. Bukan cuma menghadap ke lautan, dekorasi kaca setengah lingkaran dibuat megah di atas pintu masjid, mempercantik tampilan rumah ibadah.

 

Waktu terbaik untuk melihat keindahan masjid ini adalah sunset dan malam hari. Lampu-lampu akan dinyalakan dan memberikan bias ke atas lautan. Banyak fotografer dunia yang datang untuk mengabadikan keindahan masjid ini.

Bukan cuma lampu-lampu masjid yang jadi penyegar malam di Selat Malaka. Menara setinggi 30 meter pun seakan jadi suar bagi kapal yang berlayar di lautan Malaka.

Siapa pun boleh masuk ke dalam masjid ini. Syaratnya cuma satu, berpakaianlah yang sopan. Kalau mau, wisatawan bisa meminjam jubah dan tudung kepala yang disediakan oleh pengelola masjid.

Jika wabah Corona usai, cobalah jalan-jalan ke masjid terapung ini. Waktu kunjungan dibuka mulai pukul 10.00-22.00 waktu setempat.

 

(bnl; bnl; Bonauli;  Bahan dari :  https://travel.detik.com/international-destination/d-4991540/masjid-selat-malaka-yang-terapung-di-selat-terpanjang-dunia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close