Opini dan sukses bisnis

Gonjang Ganjing Ekonomi

Di medsos, sejak kemarin berseliweran kabar tentang tembusnya US$ ke angka sekitar Rp 15.000,-

Beberapa kantor sekuritas langsung mengadakan  briefing kepada para ekonomnya, bahwa mereka harus mampu menjaga kondisi ekonomi perusahaannya.

 

Itu karena adanya pengaruh Turki yang terkena inflasi s/d 20%, dan juga karena perang dagang USA vs China. Dampaknya,sekarang sudah mulai terasa di Eropa, yang diprediksi nanti imbasnya juga akan sampai ke Indonesia.

 

Bagaimana dengan nasib para pensiunan seperti kita-kita ini, apa juga akan ikut merasakan? Kalau iya, apa yang harus kita lakukan?

 

1-Minimalkan saja semua bentuk pengeluaran yg sifatnya konsumtif (cicilan elektronik, mobil, makan2 di restoran, dll). Kalau mau wisata dalam bulan ini, jangan ke LN dulu.  Ikuti saja Wisata Industri BPTg ke Ciwidey dll, dijamin masih terjangkau.

 

2-Bagaimana dengan saham? Karena saham lagi pada jeblok, jangan transaksi saham dulu. Bisa tambah mumet. Lebih baik simpan saja dalam bentuk emas dibanding cash (deposito, dll). Simpen sing primpen, jangan sampai ketahuan orang lain. Jangan crita di WA, apalagi dipakai jalan jalan atau belanja.

 

3-Usahakan punya uang cash yg cukup, minimal untuk biaya hidup 6 bulan ke depan. Ada kemungkinan inflasi dan ekonomi spt thn 2008 akan terulang kembali. Kecuali bagi yg gaji atau MPnya US$, malah bagus krn US$ vs Rupiah makin tinggi.

 

4-Kalau mau mulai investasi, usaha baru, atau proyek2, lebih baik tahan dulu min 6 bln ke depan. Tetangga kita seperti Malaysia, Thailand, Vietnam mulai suffer kena imbas akibat Turki dan Eropa. Pertamina dan PLN saja sekarang diminta hold/freeze proyek2 s/d 6 bulan mendatang. Nah, bagi yg sdh pensiun, se-baik2nya investasi ya perbanyak saja investasi utk akhirat.

 

5-Usahakan gaya hidup sederhana dan ekonomis. Aja klalen rajin menabung.

6-Kemungkinan akan banyak PHK karena inflasi tinggi akibat adanya perang dagang USD vs China. Negara kita yg kena imbasnya.

 

Tambahan dari HB :

Saya tambahin ya pa.. kita ini punya komunitas yg cukup besar, hal yg pokok seharusnya didapet dengan harga kejangkau, contoh

1-dimulai dari beras dapetin hpp dibawah 10rb sangat mudah, yg lebih sehat paling naik sedikit, caranya bantu biayai petani, olah dan distribusikan.

2- Utk sayuran mah kasihkan ke teman2 kita yg pehobi hidroponik

3-Kebutuhan pokok lain bila di beli dari pusatnya dg sekala banyak pasti lebih murah.

4-Dan kasih aktivitas ini kepada anak muda, insya Alloh akan jadi usaha besar kelak.

Ayoo mulai dari sekarang, sebelum krisis dating (BH)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close