Wisata dan Kuliner

Seruput teh berwarna-warni dalam sejuknya Kintamani

(lifestyle.okezone.com)-BERADA di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl), alam Kintamani di Gianyar, Bali terlihat hijau dan sejuk. Di tengah cuaca dingin ini, minum teh hangat sambil menikmati pemandangan adalah kegiatan tepat.

 

Jika berkunjung ke salah satu wisata alam di Gianyar, Satria Agrowisata, Anda jangan lewatkan sajian aneka minuman teh dengan warna-warni dan rasa. Okezone bersama rombongan Kemenpar berkesempatan mencicipi aneka teh itu. Ada teh rosella warna merah muda, teh kulit manggis warna merah keunguan, teh jahe, teh ginseng, teh kunyit dan safron kuning, teh beras merah, dan teh serai.

 

Teh bisa disajikan 2 jenis cangkir. Pertama cangkir putih sedang, cocok untuk Anda yang ingin menikmati teh sambil bersantai. Untuk cangkir kaca ukuran kecil, cocok untuk yang berencana mencicipi beberapa rasa teh agar perut tidak terasa penuh.

 

Teh yang terbuat dari macam2 bahan dari bunga dan rempah ini beraroma menggoda, juga khasiat baik untuk kesehatan. Termasuk menghangatkan tubuh di tengah suhu dingin. Teh kulit manggis misalnya, berasa sedikit asam dan manis. Manfaatnya sebagai anti-oksidan tubuh. Teh campuran safron dan kunyit bagus diminum untuk wanita yang sedang haid.

 

“Safron berkhasiat sebagai pelancar haid,” jelas Dewa, peracik teh di Satria Agrowisata pada Okezone di Bali, (6/9/18). Bunga safron menurut Dewa, jarang di Indonesia. Bunga ini tumbuh subur di Iran dan mahal. Di Indonesia, Satria Agrowisata adalah tempat budidaya bunga berwarna ungu ini.

 

Selain itu, ada pula teh yang berisi butiran beras merah. Teh ini memiliki kandungan yang bagus untuk tulang. Berbeda dengan teh ginseng yang dikenal sebagai minuman penambah stamina pada pria.

“Kopi ginseng manfaatnya untuk stamina, cocok buat yang bulan madu,” jelas Dewa.

 

Selain menyeruput teh aneka warna, Anda juga bisa menyesap nikmatnya kopi khas Kintamani. Ada kopi Bali, ada juga kopi luwak yang dibudidayakan sendiri. Anda bisa melanjutkan berkeliling perkebunan kopi dan rempah2. Lalu menikmati ayunan dengan sensasi berayun di ketinggian, di atas perkebunan.

 

Jangan lupa beli oleh-oleh khas untuk dibawa pulang. Mulai dari bubuk kopi, cokelat, massage oil, essential oil, hingga teh-teh penuh khasiat yang dijual dalam kemasan. (rzy; Utami Evi Riyani; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/09/07/298/1947631/segarnya-seruput-aneka-teh-berwarna-di-tengah-sejuknya-alam-kintamani)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close