Iptek dan Lingk. Hidup

Sebelum ngebut di Mars-Mobil Consept NASA keliling AS

(autotekno.sindonews.com)-NEWYORK; Usai Badan Antariksa Amerika Serikat NASA meluncurkan mobil konsep Mars Rover baru di Kennedy Space Center AS pada saat perayaan festival Musim Panas Mars. Kini Mobil itu dites oleh komedian Stephen Colbert untuk berkeliling di sekitar New York City.

Karena Colbert tidak benar2 ilmuwan, ia pilih mitranya seorang- astrofisikawan Neil deGrasse Tyson untuk tes mobil antariksa ini.

 

Dengan lebar 14 kaki dan bisa ditempati 4 penumpang, total enam roda, diperkirakan Mars Rover didukung kereta penggerak listrik dengan panel surya. Ini dirancang sehingga bisa dijadikan laboratorium penelitian lengkap mobile dengan banyak ruang di belakang untuk melakukan eksperimen.

Mobil konsep Mars Rover rencananya mengunjungi pantai timur ke Atlanta, New York City, Jersey City, dan Washington DC. Mobil ini dilengkapi sistem pendukung seperti, navigasi dan alat komunikasi.  Dengan baterai 700 volt memungkinkan mobil konsep Mars Rover melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 112 km / jam.

“Ini upaya menyeluruh untuk meninjau sejarah, upaya kita menjelajahi Mars dan melihat ke depan apa yang direncanakan,” kata Rebecca Shireman, asisten manajer humas seperti dilansir dari carscoops.

“Kami berharap ini akan mendorong kaum muda untuk ingin belajar lebih banyak tentang menjadi bagian dari upaya untuk pergi ke Mars.” tambahnya

 

Dalam pengembangannya, mobil ini memiliki kemampuan menganalisa tanda-tanda kehidupan masa lalu di planet Mars. Nantinya kendaraan ini akan mengumpulkan sampel berupa air dan oksigen yang akan diteliti para insinyur NASA untuk mencari bukti kehidupan masa lalu di Planet Mars.

Mobil antariksa terbaru Mars dilengkapi perangkat bor coring dan rak tabung yang akan digunakan  mengambil sampel2 material yang dibutuhkan penelitian. Tak hanya itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan kamera khusus yang mampu merekam obyek yang digunakan untuk pemetaan planet Mars.

 

Generasi terbaru Rover ini memiliki 6 unit roda yang mampu berjalan di berbagai macam kondisi jalan. Kembangan dengan ulir horizontal memungkinkan traksi ban mampu berjalan di medan bebatuan maupun jalan berpasir.

Seperti diketahui NASA mengandalkan mobil berteknologi ini untuk mengumpulkan material di planet Mars yang berkarakter dan kehidupan sama seperti di Bumi. (wbs; Wahyu Budi Santoso; Bahan dari : https://autotekno.sindonews.com/read/1341416/120/sebelum-ngebut-di-mars-mobil-concept-nasa-resmi-keliling-as-1537951177)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close