Opini dan sukses bisnis

Startup Pakde tumbuh agresif bantu Logistik UKM

(beritasatu.com)-JAKARTA; Kini pemain bisnis e-commerce dan online shop bisa berbisnis lebih efisien berkat solusi dari “Pakde”. “Pakde” (Paket Delivery) ini startup penyedia layanan pergudangan dan manajemen stok, 2 hal yang umumnya menguras biaya, waktu, dan tenaga para pebisnis e-commerce.

 

Layanan logistik ini dikenal dengan e-commerce fulfillment. “Sejak Januari 2018, transaksi Pakde sudah 194% dan ini respons positif seluruh partner kami” ujar CEO Pakde, Nicko Batubara dalam keterangan di Jakarta (28/10). Sejak mulai buka pintu gudang bagi pebisnis daring pada November 2016 di rumah milik salah satu pendiri, Pakde telah mengalami pertumbuhan signifikan.

 

Puncaknya ditandai kenaikan transaksi gudang pada Mei 2018 sebesar 215% terdorong kenaikan transaksi belanja online selama Ramadhan. Prestasi sama kembali dicetak (September 2018) melalui akuisisi klien secara agresif dan pertambahan gudang di Bandung.

 

“Gudang Pakde di Bandung dengan total kapasitas 2x lipat dari gudang Jakarta, meraih kesuksesan. Antusiasme UKM Bandung tercermin dari volume transaksi yang melampaui transaksi di gudang Jakarta dalam kurun satu bulan” sambung Nicko.

 

Volume transaksi luar biasa ini membuktikan solusi gudang online oleh Pakde diterima positif dikalangan pelaku bisnis. Selain UKM, solusi itu mulai dilirik oleh korporasi, secara khusus di industri kesehatan dan elektronik. “Kami menargetkan pertumbuhan 5x di bulan Desember 2018 dari Juli 2018,” ujar Nicko.

 

Pakde berambisi membantu lebih banyak UKM dengan berekspansi ke-6 kota lain di Indonesia dan merambah ke 2 kota di Asia Tenggara. Rencana ekspansi itu fokus utama untuk pendanaan di ronde selanjutnya.

 

Meroketnya pertumbuhan Pakde tak lepas dari dukungan dari TNKapital; investasi US$ 400,000. TNKapital itu venture capital di Indonesia yang berdiri akhir 2017, berfokus kerjasama dengan para entrepreneur muda mengembangkan dunia bisnis dalam negeri dengan memberi investasi, bukan hanya financial, juga mentorship, networking, publication, dan resource allocation bagi entrepreneur muda.

 

Meski baru, TNKapital sudah berinvestasi pada startup2 di sektor logistik fulfillment, aplikasi dan sistem untuk pengelolaan SDM, pengelolaan adminitrasi, jasa pembuatan produk konveksi, dan supply chain. Pakde akronim dari Paket Delivery, ini perusahaan rintisan (startup) bergerak di industri logistik. Pakde menyediakan jasa operasional mencakup: layanan inbound seperti stock report dan stock management.

 

Pakde menyediakan layanan warehousing di gudang milik Pakde dengan penjagaan barang ketat, dan layanan outbound : Pengemasan dan pengiriman barang ke partner dari klien. Pakde berdiri (2016) dan telah memiliki gudang di Jakarta dan Bandung.

 

(L Gora Kunjana; AO; Bahan dari : Investor Daily dan http://www.beritasatu.com/ekonomi/519090-startup-pakde-tumbuh-agresif-membantu-logistik-ukm-daring.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close