Opini dan sukses bisnis

Karakter berJiwa Bisnis dan Sukses Berbisnis

Pada kesempatan ini kita bahas Pemimpin dari segi bisnis. Menjadi seorang pebisnis yang sukses bisa jadi karena ‘bawaan lahir’ atau malah dipelajari. Bisa jadi pebisnis sukses lahir karena dua faktor tadi, seperti dalam buku berjudul 7 in 1 Business Competition Strategy, karangan Handito Hadi Joewomo, yang dikutip dari Intisari, pebisnis yang sukses punya karakteristik tertentu.

Jeli Menangkap Peluang
Pebisnis mampu melihat peluang dengan sudut pandang luas dari masalah / kesulitan yang bisa timbul. Jadi, jangan heran jika Anda sering dengar kisah sukses pebisnis yang justru mendapatkan ‘wangsit’ ketika tertimpa kejadian yang kurang baik. Misalnya saja saat semua orang sibuk dengan pemberitaan soal banjir, ada saja pebisnis yang melihat celah peluang usaha dengan menyewakan jasa perahu karet.

Pemimpi
Seorang pebisnis yang berhasil selalu saja punya mimpi-mimpi yang tidak pernah terealisasikan sepenuhnya. Walaupun ada mimpi mereka yang pada akhirnya hampir saja tercapai, mereka akan mulai mencari mimpi-mimpi yang baru.

‘Nyeleneh’
Pebisnis andal selalu berorientasi mencari dan menemukan sesuatu yang istimewa dan unik dibanding dengan hal2 yang sudah lumrah. Tak heran jika pebisnis kerap kali punya ide2 ‘nyeleneh’ atau tak normal. Kadang kala pun sifat nyeleneh ini muncul dalam keseharian si pebisnis.

Creative Lover
Masih terkait erat dengan sifat nyeleneh seorang pebisnis, orang yang memiliki jiwa bisnis andal akan memberi penghargaan yang tinggi pada kreativitas, baik yang datang dari dirinya atau dari lingkungan bisnisnya. Kadang malah ada yang terbelenggu dengan banyaknya kreativitas.

Tidak Puas Diri
Kerap kali seorang pebisnis harus mendapatkan kecaman dari lingkungannya karena ‘cerewet’. Di mata mereka selalu saja ada yang kurang, ada yang salah atau selalu ada hal yang harus diperbaiki. Pebisnis boasanya merasa segala sesuatu tak boleh statis dan tidak ada kata puas bagi mereka.

Tahan Banting
Pebisnis tulen biasanya terbentuk kehebatannya dari ujian yang dihadapi selama berjuang mempertahankan bisnisnya. Pebisnis yang entrepreneurship tinggi selalu bisa mencari jalan keluar bagi permasalahannya. Mereka selalu bisa bounce back, bahkan dari situasi yang sangat sulit sekalipun. Selalu bangkit setelah jatuh merupakan hal yang paling mereka kuasai.

Aggressive Driver
Seorang pebisnis harus bisa menjadi penggerak bagi tim dan lingkungannya untuk terus maju. Jadi, jangan heran jika Anda sering melihat ada pebisnis yang seolah berjalan atau berlari sendiri. Perasaan kuat untuk terus maju membuat mereka ingin terus bergerak cepat, yang bisa saja menimbulkan dampak lingkungannya seolah tertinggal olehnya.

Itulah beberapa sifat yang biasanya dimiliki pebisnis, terutama mereka yang sukses melebarkan usahanya dan terus bertahan di antara ketatnya persaingan pasar. (Akung Pras;
https://www.linkedin.com/pulse/20140715014632-255032648-karakter-orang-yang-mempunyai-jiwa-bisnis-dan-sukses-berbisnis)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close