Aku cinta Indonesia

BUMN Semen akuisisi 80% Saham Holcim Indonesia

(cnnindonesia.com)-JAKARTA; BUMN di sektor semen, PT Semen Indonesia akan mengakuisisi 80,6% saham PT Holcim Indonesia senilai US$917 juta atau Rp13,6 triliun (asumsi kurs Rp14.820 per dolar AS).

Sekper Semen Indonesia Agung Wiharto menjelaskan perseroan dan anak usahanya PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) telah menandatangani Perjanjian Pengikat Jual Beli Bersyarat (PPJB) dengan induk usaha Holcim, Holderfin BV, terkait rencana pengambilalihan Holcim Indonesia pada (12/11).

“SIIB berencana beli 6,18 miliar saham atau seluruh saham yang ditempatkan pada Holcim Indonesia yang dimiliki Holderfin BV,” ujar Agung dalam keterbukaan di BEI, (13/11). Tujuan pengambilalihan saham ini untuk memperluas jaringan pabrik semen  dalam negeri, diversifikasi produk, meningkatkan efisiensi khususnya biaya distribusi dan bahan baku, serta memperkuat posisi bisnis siap pakai.

Rencana akuisisi ini, berlaku efektif setelah seluruh ketentuan dan persyaratan pendahuluan dalam PPJB terpenuhi. Adapun nilai akuisisi mencapai US$917 juta atau Rp13,6 triliun dan dapat berubah sesuai  kondisi pasar.

Guna membiayai rencana akuisisi ini, SIIB menandatangani perjanjian fasilitas dengan sejumlah bank asing senilai US$1,28M atau Rp18,97T dengan jangka pinjaman 24 bulan. Adapun bank yang terlibat : PT BNP Paribas, Deutsche Bank AG Singapore Branch, MUFG Bank Ltd, dan Standard Charterd Bank.

CEO LafargeHolcim Jan Jenish menjelaskan telah menandatangani penjualan saham 80,6% saham Holcim Indonesia, dengan perhitungan 100% saham perusahaan senilai US$1,75M. Penjualan saham ini  bagian dari upaya peninjauan ulang portofolio bisnis perusahaan.

“Sebagai bagian dari strategi 2022 membangun pertumbuhan, kami berkomitmen mendivestasi 2M franc Swiss (US$1,75 miliar),” ujarnya dalam laman resmi LafargeHolcim. Aset yang akan dijual ke Semen Indonesia mencakup seluruh operasional LafargeHolcim di Indonesia. Ini terdiri dari 4 pabrik semen, 33 pabrik siap pakai (ready-mix), dan 2 tambang agregat

Melalui transaksi ini, target rasio perusahaan 2x utang bersih terhadap EBIDTA bakal tercapai 2019. Catatan Redaksi: Berita ini berubah judul dari “BUMN Semen Akuisisi 80,6 P% Saham Holcim Indonesia Rp26 T”. (Agi;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20181113075635-92-346043/bumn-semen-akuisisi-80-persen-saham-holcim-indonesia-rp14-t?)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close