Kesehatan

Dekat Kipas Angin bikin Paru2 basah Fakta atau Mitos

(health.detik.com)-JAKARTA; Komedian Pretty Asmara wafat setelah ada penumpukan cairan di jaringan sekitar paru2. Kondisi ini mengingatkan istilah ‘paru2 basah’, yang dikenal awam menggambarkan kondisi paru2 terendam cairan. Yang dianggap faktor risiko adalah selalu dekat kipas dan tidur di lantai.

Dokter ahli paru dari RS Persahabatan, Jakarta dr Agus Dwi Susanto, SpP mengatakan paru2 basah tidak dikenal dalam dunia medis. Istilah ini menyatakan pembengkakan dalam jaringan paru, karena mengandung terlalu banyak cairan atau edema paru.

“Hingga saat ini belum ada bukti medis bahwa, penggunaan kipas angin atau tidur di lantai bisa menyebabkan paru2 basah. Kondisi ini bisa dihindari dengan mengetahui faktor risikonya,” ujar dr Agus saat dihubungi detikHealth (5/11/2018).

Paru2 basah juga kerap ditujukan pada gangguan yang disebut efusi pleura. Kondisi ini ditandai kelebihan cairan pada rongga antara lapisan paru dan dinding dada. Sama dengan edema, efusi pleura menyebabkan jaringan paru membengkak.

Kondisi2 penyebabkan edema : Pneumonia, gagal jantung, dan gagal ginjal. Edema paru bisa dihindari dengan penerapan pola hidup sehat, kontrol rutin, dan minum obat bagi yang terdeteksi. (Rosmha Widiyani; Up; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4287884/deket-kipas-angin-bikin-paru-paru-basah-mitos-atau-fakta)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close