Kesehatan

Kuku Mengungkap Tanda Kesehatan

(womensobsession.com)-Sebagai bagian tubuh yang tampak, ada baiknya kita sediakan waktu khusus merawat kebersihan dan kesehatan kuku. Tahukah Anda kuku mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan dan gaya hidup seseorang?

 

Pertumbuhan

  • Kuku tangan dominan sering dipakai (basanya tangan kanan) tumbuh lebih cepat dari kuku jari tangan lain. Kuku tumbuh rata-rata 3,5 mm dalam sebulan. Kuku kaki 1,6 mm. Itulah sebabnya, kita mungkin merasa kuku di satu sisi tangan memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dari lainnya.

 

  • Sebagian besar kuku terdiri dari keratin, zat protein berserat yang  juga ditemukan pada rambut. Meski kuku tampak rapuh dan mudah patah. Meski demikian struktur kuku lebih tahan pada fraktur.

 

  • Seluruh tubuh mengeluarkan keringat, kecuali kuku. Suhu mempengaruhi pertumbuhan kuku dan tumbuh lebih cepat di musim panas dan kondisi hangat.
  • Kuku jari pria cenderung tumbuh lebih cepat dari wanita. Namun, kuku perempuan tumbuh lebih pesat selama kehamilan.kuku

 

Merawat

  • Jika suka mewarnai kuku, hapus cat kuku setidaknya 1x seminggu, dan biarkan kuku Anda bernapas minimal 24 jam sebelum kembali menerapkan cat kuku. Kita juga bisa ggunakan waktu ini merawat untuk memperkuat kuku.

 

  • Meski aseton sering digunakan menghapus nail polish, sebenarnya zat itu kurang baik untuk kuku. Pilihlah penghapus cat kuku yang tidak mengandung aseton, namun sama fungsinya dengan aseton.

 

  • Kutikula di sekitar kuku berfungsi mengunci kelembapan, membuat kuku kuat. Kutikula menjaga agar tidak ada kuman masuk. Pastikan tidak menghilangkan kutikula, cukup dirapikan ke tepian kuku. Kutikula kering menunjukkan tingkat dehidrasi. Disarankan menggunakan minyak khusus untuk membantu melembabkan kutikula.

 

Tanda Kesehatan

  • Kuku butuhkan darah, oksigen, dan nutrisi untuk pertumbuhan yang tepat. Cedera pada kuku sebagian besar setelah jadi hitam dan biru. Darah yang digunakan oleh lempeng kuku setelah cedera membuat kuku berubah kehitaman

 

  • Kuku dapat memberitahu banyak tentang kesehatan. Warna kuku bisa menunjukkan tubuh tidak mampu menyerap mineral dengan benar atau memiliki asam lambung rendah, sehingga makanan tidak tercerna dan terserap dengan baik.

 

  • Kuku mengelupas tanda kurang asupan gizi. Sama halnya jika kuku tampak pucat, seseorang mungkin ada kelainan darah atau anemia yang ditandai jumlah sel darah merah yang rendah. Ini terkait kebutuhan Vit-A dan zat besi. Faktor lain : Matahari, air, atau kerusakan akibat bahan kimia. Kuku pucat juga jadi tanda diabetes awal atau penyakit hati, akibatnya aliran darah terganggu.

 

  • Bintik2 putih pada kuku bukan se-mata2 defisiensi kalsium. Ini mitos yang populer. Ini mungkin faktor kekurangan kalsium, seng, vitamin atau alasan lain. Kekurangan gizi, tekanan, atau trauma pada lempeng kuku juga membuat white spot. Bintik2 atau garis putih pada kuku menunjukkan  konsumsi gula harian terlalu tinggi. Cobalah menambah asupan serat dan sayuran.

 

  • Kuku berwarna kekuningan atau terjadi penebalan dikaitkan akibat merokok, pakai cat kuku terlalu sering tanpa base coat, atau jamur kuku. Cobalah membiarkan kuku tanpa kuteks beberapa hari setiap beberapa minggu atau selalu menggunakan base coat sebelum melakukan pewarnaan.

 

  • Jika kuku rapuh, disinyalir ada masalah tiroid. Hormon tiroid yang terlalu sedikit menyebabkan rambut rontok dan kuku rapuh atau tumbuh lambat. Atau bisa gangguan pada hati dari kurang asupan sayuran.

 

(Angie; Bahan dari : https://womensobsession.com/beauty-health/body-mind/kuku-ungkap-tanda-kesehatan/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close