Kesehatan

Perut berlemak yang sulit dihilangkan

Kompas.com-Lemak perut layak dinobatkan sebagai bagian tubuh yang paling membandel. Seringkali, meski kita sudah berjam-jam berolahraga dan menahan lapar, lemak di bagian tengah tubuh ini tetap saja membukit.

Bukan cuma tak sedap dipandang, lemak perut juga berbahaya. Pakar2 kesehatan mengatakan lingkar perut besar lebih bahaya dibanding berat badan kelebihan. Jadi, upaya mengecilkan lingkar perut penting dilanjutkan. Agar strategi itu berhasil, monggo penyebab lemak perut sulit dihilangkan.

– Selalu stres
Stres terkait erat dengan hormon adrenalin yang meningkatkan kemampuan tubuh menyimpan ekstra kalori di sekitar perut. “Jika Anda menurunakn berat badan dengan mengurangi kalori, lemak di bagian tubuh lain mulai berkurang sebelum di bagian perut,” kata Georgie Fear, ahli gizi dan penulis buku Lean Habits for Lifelong Weight Loss.

Penelitian juga mendukung pendapat tersebut. Wanita yang indeks massa tubuhnya normal tapi stres, cenderung memiliki lemak perut lebih banyak.

– Hanya fokus pada latihan otot perut
Berlatih otot hanya pada satu bagian tubuh saja tidak akan efektif. “Latihan otot perut menguatkan bagian batang tubuh, tapi tidak mengurangi jumlah lemak di perut,” kata Albert Matheny, pelatih kebugaran dan ahli gizi. Dengan kata lain, meski Anda rutin sit-up, plank, atau crunches, kalori yang terbakar tidak banyak. Mulailah fokus pada gerakan2 untuk otot di seluruh tubuh.

Semakin banyak massa otot yang dilatih, makin banyak kalori yang dibakar dan makin besar peluangnya lemak perut terkikis.

– Konsumsi makanan yang diproses
Jika Anda sering mengonsumsi gula yang ditemukan pada berbagai jenis makanan yang diproses, kemungkinan besar lemak perut Anda banyak. Ini karena tubuh memetabolisme gula fruktosa secara berbeda dibanding gula lainnya.

Buah memang mengandung fruktosa, tetapi mengurangi konsumsi buah bukan solusinya. Justru Anda perlu mengurangi makanan kemasan yang mengandung gula, termasuk soda, camilan kemasan, dan juga makanan yang dibekukan.

– Mungkin bukan lemak
Kebanyakan wanita mengeluhkan perut mereka buncit, meski penyebabnya bukan lemak. Ada kondisi penyakit tertentu yang menyebabkan perut terus kembung, misal sindrom iritasi usus, penyakit celiac, laktosa intoleran, dan gangguan pencernaan lainnya.

Untuk mengurangi kembung, konsumsi makanan tinggi serat rutin, misal buah, sayur, dan kacang2an, menyehatkan usus. Hindari makanan yang mengandung gula dan alkohol karena memicu gas di perut. (Lusia Kus Anna;Womenshealth; http://health.kompas.com/read/2017/03/16/111600923/penyebab.lemak.perut.sulit.dihilangkan.walau.sudah.berusaha.keras)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close