Kesehatan

Kalau Sakit Maag-Hindari Asupan Ini Saat Berbuka

(health.detik.com)-JAKARTA; Kesehatan menjadi syarat penting dalam berpuasa Ramadhan. Bagi yang  sakit maag, kesehatan bisa dijaga dengan memilih asupan yang tepat. Kadang lapar mata kerap mengacaukan minat lebih selektif memilih asupan.

“Pada yang sebelumnya ada gangguan maag, tidak pilih2 makanan berisiko memperberat gangguan ini. Apalagi jika ditambah tidak diobati dengan tepat supaya biasa puasa,” kata akademisi dan praktisi klinis Prof Ari Fahrial Syam dalam pesan pendek yang diterima detikHealth.

 

Bijak memilih makanan bermanfaat pada orang sehat, karena bisa menekan risiko terjadinya gangguan maag. Berikut asupan yang sebaiknya dihindari saat sahur dan buka supaya sakit maag tidak kambuh.

 

1-Hindari makanan yang banyak mengandung gas dan terlalu tinggi serat

Jenis asupan ini pada sayuran adalah sawi dan kol. Pada buah antara lain nangka dan pisang ambon. Makanan berserat misal kedondong dan buah yang dikeringkan sebaiknya juga dihindari. Untuk contoh minuman yang mengandung gas adalah minuman bersoda.

 

2-Hindari makanan yang sulit dicerna dan memperlambat pengosongan lambung

Asupan ini meningkatkan peregangan di lambung yang berisiko produksi asam lambung. Contoh asupan ini makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju. Prof Ari juga sarankan hindari asupan mengandung cuka, merica, bumbu yang merangsang, dan pedas. Jenis asupan ini merusak dinding lambung.

 

3-Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan

Konsumsi makanan ini berisiko asam lambung mudah naik ke kerongkongan akibat lemahnya klep. Contoh asupan ini alkohol, coklat, gorengan, dan makanan tinggi lemak. Prof Ari juga menyarankan hindari minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung yaitu kopi, sari buah jeruk, dan susu full cream.

 

4-Hindari sumber karbohidrat tertentu

Sumber2 karbohidrat bisa picu gangguan maag. Contohnya beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung,ubi singkong,tales, dan dodol. Diingatkan tidak makan malam terlalu banyak. Porsi makan malam saat puasa secukupnya bukan merangkap makan siang yang terlewat karena puasa. (up/up; Rosmha Widiyani; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4545527/kamu-punya-sakit-maag-hindari-asupan-berikut-saat-buka-puasa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close