Wisata dan Kuliner

Mengenal Kuliner di Cilegon-Perlu dicoba(2/2)

(travelingyuk.com)-4-Sate Bebek Cibeber

Sate Bebek Cibeber juga menu khas dari Cilegon. Makanan ini seperti sate umumnya hanya pakai daging bebek. Bumbunya khas yaitu bumbu panggang khas Cibeber warna merah dengan rasa manis.

 

Mayoritas traveler yang mencicipi menu ini puas dengan cita rasanya. Yang menarik dari Sate Bebek Cibeber ini tidak amis. Umumnya daging bebek dan mentog terkenal bau amis-menyengat. Dengan proses pengolahan yang benar, daging unggas ini lezat dan hilang amisnya. Yang jual sate bebek paling lezat di Kota Baja ini di kawasan Pantai Anyer, (rumah makan Cindelaras).

 

5-Kue Gipang

Kue Gipang/Jipang, makanan tradisional yang merakyat sehingga meski sulit didapat namun ada yang mencarinya. Kue jipang jadi makanan khas dari pulau Jawa, setiap daerah memiliki varian sendiri2 tak terkecuali Cilegon. Rasanya renyah, manis dan sedikit lengket jadi ciri khas kue jipang.

 

Rasa manis dan lengket kue jipang berasal dari ketan dicampur air gula. Kini kue jipang punya varian rasa selain rasa gula merah ada rasa pandan dll. Kue ini mudah dijumpai di daerah2 di wilayah banten terutama Serang dan Cilegon. Kue jipang pas dijadikan oleh2 khas saat liburan ke Banten.

 

 

6-Kue Ketan Bintul

Kue Ketan Bintul sebagai makanan khas dari Serang. Makanan ini khas dari Cilegon, wajar mengingat sebelum jadi kota, Cilegon itu bagian dari kabupaten Serang. Tampilannya seperti ketan biasa, hanya kue ini menggunakan topping serundeng alias parutan kelapa yang digoreng. Penyajiannya unik menggunakan daun pisang

 

Kue Ketan Bintul dikenal jadi menu wajib saat bulan puasa sebagai takjil. Orang2 di Serang dan Cilegon merasa ada yang kurang saat puasa jika tidak ada ketan bintul dalam menu berbuka. Banyak penggemar jajanan berbahan dasar ketan ini. Traveler yang penasaran tidak akan kesulitan cari penjual ketan bintul apalagi di pusat oleh2 atau di sekitar obyek wisata terkenal.

 

7-Kerupuk Dapros

Pernah dengar istilah kerupuk dapros? Mungkin kita baru mengenal kerupuk udang, kerupuk rambak atau kerupuk terasi. Tapi di Cilegon ada kerupuk dapros, ini makanan khas kota tersebut. Kerupuk dapros tidak hanya populer di Cilegon namun juga Serang hingga daerah lain di Banten.

 

Sama seperti kue ketan bintul, kerupuk dapros jadi makanan khas di bulan puasa. Kerupuk ini dari tepung terigu tapi tidak semua orang bisa membuatnya perlu keahlian khusus membuat makanan ini. Sebab krupuk dapros identik berbentuk unik menyerupai bunga yang mekar. Nah, kalau liburan ke Cilegon jangan lupa beli oleh2 kerupuk dapros.  (Alfri; Bahan dari : https://travelingyuk.com/kuliner-khas-cilegon/14997/)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close