Kesehatan

Penyebab Asam Urat Kambuh(3/4)

(hellosehat.com)-Komplikasi Asam Urat

Selain rasa sakit yang membuat Anda sulit untuk bergerak, penyakit asam urat juga menyebabkan komplikasi, seperti:

 

1-Asam Urat terus Kambuh; Beberapa orang mungkin mengalaminya dan sembuh tanpa kekambuhan. Terutama jika menerapkan gaya hidup sehat dan menjauhi pantangan. Ada juga yang asam urat yang kambuh dan gejalanya bertambah parah.

 

2-Asam Urat Kronis; Menyepelekan gejala serta melanggar pantangan bisa membuat asam urat makin parah. Bahkan, menimbulkan nodul yang lambat laun merusak sendi.

 

3-Batu Ginjal; Asam yang mengkristal bukan hanya meradang pada sendi tapi bisa terkumpul pada saluran kemih dan menyebabkan batu ginjal. Kondisi ini menyebabkan gejala sakit pinggang, darah dalam urine, serta mual dan muntah.

 

4-Bagaimana Asam Urat didiagnosis?

Untuk mendapatkan diagnosis penyakit asam urat dengan tepat, dokter akan merekomendasikan pasien untuk melakukan beberapa tes kesehatan, seperti:

 

a-Test Cairan pada Sendi; Periksaan cairan sendi akan dilakukan menggunakan jarum kecil. Cairan tersebut kemudian diperiksa lebih dalam mengenai kadar asam uratnya.

 

b-Tes Darah; dilakukan untuk mengukur kadar asam urat dan kreatinin dalam darah.

c-Pencitraan X Ray; memeriksa lebih dalam pada sendi dan menyingkirkan penyebab lain dari peradangan pada sendi.

 

d-Dual Energy CT Scan;  untuk mengetahui keberadaan asam yang mengkristal dan jadi penyebab asam urat. Canggihnya, alat ini dapat mendeteksi kristal yang tidak menyebabkan peradangan sendi.

 

Berbagai obat yang diresepkan dokter

Agar kondisi tidak bertambah parah dan tidak menyebabkan komplikasi, asam urat harus benar-benar diobati. Obat asam urat dapat mengurangi keparahan gejala, mencegah gejala kambuh, serta mengikis asam yang mengkristal yang jadi penyebab asam urat.

Berikut obat asam urat yang biasanya digunakan untuk mengurangi keparahan gejala, antara lain:

 

1-Obat Anti Radang Nonsteroid (NSaid)

Obat anti-radang nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, yang lain) dan naproxen sodium (Aleve), serta resep NSAID yang lebih kuat seperti indomethacin (Indocin) atau celecoxib (Celebrex). Obat asam urat ini mungkin terus bertambah dosisnya jika kondisi terus bertambah parah tiap kali kambuh. Efek samping obat ini, sakit perut dan perdarahan pada sistem pencernaan.

 

2-Colchicine

Dokter Anda dapat merekomendasikan colchicine (Colcrys, Mitigare), pereda nyeri yang efektif mengurangi nyeri. Dosis obat disesuaikan keparahan gejala. Efek samping penggunaan obat ini mual, muntah dan diare, terutama jika dalam dosis besar. Untuk serangan asam urat ringan, dokter akan meresepkan colchicine dalam dosis rendah untuk mencegah serangan terjadi lagi.

 

3-Kortikosteroid

Obat asam urat jenis kortikosteroid akan digunakan jika obat seperti colchicine atau NSAID tidak ampuh untuk meredakan gejala. Efek samping penggunaan obat ini adalah kadar gula darah dan tekanan darah dapat meningkat dan suasana hati jadi cepat berubah.

 

(Aprinda Puji; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/penyebab-asam-urat-kambuh/)-FatchurR * Bersambung………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close