Iptek dan Lingk. Hidup

Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan

(cnnindonesia.com)-JAKARTA; Sampah Plastik di-gadang2 sebagai sisa Sampah paling berbahaya bagi Lingkungan. Padahal, sisa makanan juga tak boleh luput dari perhatian. Makanan sisa jadi sumber sampah terbesar di penjuru dunia.

 

Hal ini tak mengherankan, melihat hampir semua orang butuh dan mengonsumsi makanan setiap hari. Mendekati Hari Raya Natal dan Tahun Baru, acara makan2 umum dijadikan selebrasi merayakan hari besar. Pada hari besar, sisa makanan bisa terlampau lebih banyak dibanding hari biasa. Mengutip Huffington Post, berikut tips mengurangi sampah sisa makanan.

1-Rencanakan Porsi

Sebelum menyiapkan makanan, baiknya rencanakan porsi sesuai jumlah orang yang akan hadir. Jangan sampai porsi makanan terlalu banyak dan akhirnya terbuang.

 

2-Simpan Sisa Makanan
Jika sudah merencakan porsi namun tetap meninggalkan sisa, baiknya sisanya disimpan dengan baik. Gunakan tempat makan khusus dan simpan makanan dalam kulkas agar tak cepat basi. Perlu diingat, makanan sisa yang disimpan di kulkas umumnya aman dimakan di bawah dua hari.

 

3-Kreatif
Sisa makanan yang disimpan bisa dimasak dan dipadukan lagi jadi hidangan lain. Misalnya, jika ayam pada makan malam kemarin tersisa, paginya ayam bisa kembali diracik berpadu dengan nasi goreng.

 

4-Selamatkan Sisa Makanan
Ketika sisa makanan yang tersisa terlalu banyak, misalnya pada acara besar seperti hajatan, sisa makanan bisa diselamatkan dengan memanggil organisasi pengumpul makanan. Food Bank dan Food Cycle itu salah dua penyalur sisa makanan di Indonesia.

Makanan sisa yang diselamatkan ini nantinya akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. (fey/asr; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181201035932-284-350355/tips-kurangi-sampah-sisa-makanan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close