Aku cinta Indonesia

Akan disambungkan Trans Jawa Selatan

(beritasatu.com)-BANDUNG; Menpupera Basuki Hadimuljono menyatakan setelah menuntaskan ruas tol Trans Jawa bagian utara, pemerintah bakal menyambungkan ruas tol Trans Jawa selatan yang melewati Bandung.

 

“Desember ini seluruh ruas tol Trans Jawa Utara tersambung, dan kita akan melanjutkan dengan Trans Jawa bagian Selatan,” kata Menteri PUPR Basuki saat membuka acara pameran penyelenggaraan infrastruktur nasional bertajuk “Dynamic Youth Fest” di Gedung Sate, Bandung (2/12). Basuki memastikan ruas tol Trans Jawa selatan itu melewati Bandung ibu kotari Prop. Jabar.

 

Menteri PUPR mengemukakan ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil, baru2 ini, ruas tol Bocimi, yaitu kepanjangan dari Bogor-Ciawi-Sukabumi, diresmikan Presiden. Kang Emil,(panggilan Gubernur Jabar, mengapresiasi pembangunan infrastruktur2 yang dibangun di Jabar yang populasinya 25% atau 1/4 dari seluruh penduduk Indonesia.

 

“Saya bangga kecepatan kementerian bapak (Menteri PUPR) mempersembahkan infrastruktur panjang di tempat sulit dan bisa dilakukan cepat,” kata Gubernur, dengan ruas tol selatan maka warga yang ingin ke Bandung tidak hanya melewati Cipularang tapi bisa melewati Bogor melalui jalur selatan.

 

Dirut BUMN Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra, yakin pembangunan ruas jalan tol seperti Trans Jawa dan Trans Sumatra membuat efek ganda yang bisa melipatgandakan aktivitas perekonomian nasional. “Tol itu akan jalan dan bisa membangkitkan ekonomi di sekeliling jalan tol,” kata I Gusti Ngurah Putra dalam wawancara di kantor Waskita Karya di Jakarta (15/11).

 

Ngurah Putra mencontohkan dengan tol Trans Jawa yang kini bisa ditempuh 10 jam dengan ruas tol yang tembus dari ujung ke ujung, maka barang yang dikirim dari Jatim ke Jakarta atau sebaliknya tiba dengan keadaan segar. Selain itu, pengiriman truk barang yang hanya 1 rit kini jadi 2 rit yang berarti meningkatkan produktivitas.

 

Dirut Waskita Karya, mendapat pemahaman dari konsultan yang memberitahu ruas tol North-South di Malaysia, setelah beroperasi lebih dari 10 tahun, bisa membangkitkan hingga 30% PDB negara jiran itu. Pemerintah juga membangun yaitu : Perluasan jaringan listrik, air, pelabuhan yang melakukan ekspor-impor, juga akan menghasilkan ” efek ganda “dari membangun beragam infrastruktur itu.

 

Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa penghubung Merak (Banten) – Banyuwangi (Jatim) wujud meningkatkan konektivitas antardaerah. Tol Trans Jawa itu, dinilai satu demi satu peningkatan jaringan konektivitas di negara ini semakin terwujud, dan titik2 pertumbuhan ekonomi baru akan bermunculan.

 

Hal itu akan diikuti distribusi barang-jasa makin lancer dan efisiensi dalam logistik dan distribusi, serta efisiensi waktu dan jarak tempuh. (YUD; Bahan dari : ANTARA dan http://www.beritasatu.com/nasional/525575-menpupera-pemerintah-akan-sambungkan-trans-jawa-selatan.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close