Aku cinta Indonesia

Kredit untuk Pengusaha Super Kecil Bisa Lewat Go Pay hingga TCash

(finance.detik.com)-JAKARTA; Kemenkeu menyalurkan Rp 3T dari APBN 2019 untuk kredit usaha ultra mikro (UMi) alias pengusaha ‘super kecil’ via uang elektronik. UMi itu pelaku usaha yang disasar program kredit usaha rakyat (KUR) dengan plafon pinjaman modal usaha maks Rp 10 juta.

Dengan program UMi digital ini, pengusaha ‘super kecil’ bisa memperoleh modal usaha melalui uang elektronik seperti gopay, t-cash, t-money, e-money sampai Bukalapak. Tujuan digandengnya Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) atau penyedia uang digital dalam penyaluran kredit ini untuk menjangkau pengusaha super mikro yang tak bisa didanai oleh perbankan.

 

“Saat KUR berhubungan dengan perbankan usahanya harus bankable. Bagi pengusaha kecil yang usahanya sangat mikro dia tidak bisa akses perbankan pengusaha ultra mikro,” jelas Dirjen Perbendaharaan Negara Kemenkeu Marwanto Harjowiryono di Gedung Dhanapala Kemenkeu (11/12/18).

Selain menggandeng penyedia uang digital, di program ultra mikro ini pemerintah bekerja sama dengan lembaga non bank yang berpengalaman di kredit ultra mikro. Seperti PT Pegadaian yang berpengalaman menangani dan memfasilitasi masyarakat berpenghasilan rendah. Kemenkeu juga bekerjasama dengan PT Permodalan Nasional Madani dan PT Bahana Artha Ventura.

“Pegadaian bisa perorangan karena memiliki jalur komunikasi dengan kreditur dan debitur sejak lama. Ada uang yang disalurkan melalui koperasi, baru disalurkan pada kredit pengusaha kecil. Bedanya ini dana dari APBN disalurkan melalui lembaga keuangan non bank,” kata dia.

Diharapkan program ini jadi solusi penciptaan pelaku usaha baru di tanah air. Mereka yang sebelumnya tak bisa menjangkau program KUR pun bisa mendapat permodalan. Kemenkeu berharap, kendala pembiayaan yang menghambat pelaku usaha pemula untuk memulai usahanya bisa teratasi.

“Program digital pembiayaan UMI ini program pilot project. Ini beda dengan yang lain kalau KUR itu dibiayai dari dana perbankan kemudian pemerintah memberi subsidi sehingga dana perbankan tingkat bunganya rendah dibanding suku bunga lain,” tandas dia. (dna/dna; Selfie Miftahul Jannah; Bahan dari : https://finance.detik.com/moneter/d-4338515/kredit-untuk-pengusaha-super-kecil-bisa-lewat-gopay-hingga-t-cash)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close