Aku cinta Indonesia

LIPI Bicara Modifikasi SDA Alternatif Penyedia Energi Dan Obat

(news.detik.com)-JAKARTA; LIPI melalui Puslit Kimia telah meriset pemanfaatan sumber daya alam (SDA) pengembangan energi dan bahan baku obat berbasis SDA Indonesia. Hasil2 penelitian terkait energi dan obat oleh Pusat Penelitian Kimia di antaranya bio-oil dari pelepah tandan kosong kelapa sawit.

“Tandan kosong kelapa sawit bisa diproses jadi bio-oil di atas 60% dan berpotensi sebagai bahan bakar kimia cair” jelas Plt Kapuslit Kimia LIPI Raden Arthur Ario Lelono pada hari Selasa (30/4/19). Hasil riset ini akan disampaikan dalam kegiatan press tour Puslit Kimia LIPI di Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Pemprosesannya, menggunakan mekanisme termal katalitik.

 

Bio-oil membantu industri pengolahan kelapa sawit untuk pengolahan limbah tandan kosong juga membantu penyediaan energi alternatif dari limbah biomassa tandan kosong kelapa sawit sebagai energi terbarukan,” jelas Arthur.

Untuk pemanfaatan limbah tandan kosong kelapa sawit, Puslit Kimia LIPI mengembangkan bioplastik dari limbah kelapa sawit. “Tandan kosong kelapa sawit mengandung selulosa, hemiselulosa, dan lignin,” jelasnya. Bioplastik berbasis limbah kelapa sawit ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai pengganti plastik konvensional karena memiliki sifat tahan terhadap air dan kelembapan.

 

Untuk penyediaan obat, Pusat Penelitian Kimia LIPI melakukan pengembangan tanaman obat tradisional Indonesia sebagai bentuk kemandirian bahan baku obat tradisional Indonesia.

“Kami kembangkan ekstrak pace untuk antihipertensi dan antidiabetes, ekstrak jamblang untuk antidiabetes, ekstrak daun sukun sebagai bahan baku herbal penyakit degeneratif, ekstrak pegagan dan jahe sebagai antiselulit, bahan baku katekin dari gambir, serta metil sinamat dari minyak lengkuas sebagai bahan baku obat,” jelasnya.

Puslit Kimia LIPI juga memiliki fasilitas CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) yang dapat dimanfaatkan oleh industri farmasi dan masyarakat. CPOTB, itu seluruh aspek kegiatan pembuatan obat tradisional yang bertujuan menjamin produk yang dihasilkan memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan sesuai tujuan penggunaannya.

Arthur menjelaskan, fasilitas yang dibuka sejak 2018 ini diharapkan menjadi standar percontohan yang dapat dimanfaatkan oleh industri obat tradisional, UKM, maupun praktisi obat herbal lewat skema kerja sama pengembangan riset. (gbr/azr; Gibran Maulana Ibrahim;  Bahan dari : https://news.detik.com/berita/d-4529980/lipi-bicara-modifikasi-sda-untuk-alternatif-penyediaan-energi-dan-obat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close