Wisata dan Kuliner

Mandeh Magnet Sport Tourism-2019

(beritasatu.com)-JAKARTA; Kawasan wisata Mandeh, Kab-Pesisir Selatan Sumbar jadi destinasi wisata sport tourism unggulan. Sumatera Barat sudah lama punya event lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) yang melintasi hampir ke seluruh kota dan kabupaten.

 

Kini Sumbar memiliki Mandeh destinasi sport tourism yang mengawali ajang lomba lari Mandeh BRI Mandeh Run 2019. Menpar Arief Yahya didampingi Andrinof A. Chaniago, tokoh penggerak Kawasan Wisata Mandeh yang juga Komut Bank BRI, serta Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, di jumpa pers, (14/1), mengatakan destinasi alam Indonesia modal utama yang mudah dijual untuk sport tourism.

 

Hadirnya BRI Mandeh Run, diakui Menpar Arief Yahya, menjadi langkah awal Mandeh sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK), dengan mengandalkan wisata bahari sebagai atraksi unggulannya.

 

“BRI Mandeh Run 2019 sangat efektif untuk mempromosikan pariwisata Mandeh,” kata Arief Yahya.

Nantinya lomba lari akan diikuti 2.000 peserta, 100 peserta di antaranya atlet mancanegara yang juga sebagai endorser akan memiliki media value tinggi dan menjadi ajang promosi yang sangat efektif.

 

Andrinof A Chaniago mengatakan, penyelenggaraan BRI Mandeh Run 2019 akan mengenalkan destinasi wisata olahraga sekaligus jalan baru sepanjang 43 kilometer yang baru selesai dibangu.

 

Kawasan wisata Mandeh menyuguhkan gugusan pulau membentang melingkar seluas 18 ribu hektare di Teluk Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan. Ditambahkan Bupati Hendra Joni, Mandeh merupakan kawasan wisata bahari terpadu yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juli 2015 lalu.

 

“Kawasan wisata Mandeh jadi ikon baru Sumbar,” kata Hendra Joni. Ajang lari BRI Mandeh Run 2019 berlangsung (3/3/2019) di outdoor Amphitheatre Kanagarian Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kec-Koto XI Tarusan.

 

Para pelari yang terbagi kategori 5K, 10K dan 21K unjuk kekuatan memperebutkan hadiah hingga Rp 400 juta sambil menikmati keindahan alam Mandeh : Pantai, bukit, dan kuliner serta budaya dan keramahtamahan masyarakatnya. (Elvira Anna Siahaan; Bahan dari : BeritaSatu.com  dan https://www.beritasatu.com/wisata/532639-mandeh-magnet-baru-sport-tourism-2019.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close