Wisata dan Kuliner

Aliran sungai ini lewat anak tangga

ALIRAN sungai mengalir lembut di atas batu yang membentuk tingkatan seperti anak tangga. pemandangan indah ketika air bening jatuh dari tingkatan pertama hingga tingkatan terakhir. Batu di bawah aliran sungai ini secara alami berbentuk tujuh anak tangga.

Sungai ini berada di Desa Lawela Selatan, Kec-Batauga, Kab-Buton Selatan, Sultra. Jaraknya 20 Km dari Kota Baubau. Bagi masyarakat Desa Lawela Selatan, aliran sungai itu disebut permandian Kaburaburana. Akses masuk ke permandian ini 300 meter dari jalan desa. Jalan ini masih dalam bentuk pengerasan.

Menurut Hasima, warga Desa Busoa, Kec-Batauga, permandian ini banyak didatangi masyarakat. Bukan saja dari masyrakat sekitar, warga dari luar Buton Selatan pun juga datang rekreasi di permandian itu. “Tiap Sabtu atau Minggu, permandian ini didatangi orang untuk rekreasi. Mata air sungai ini dari atas gunung, jaraknya ada 1 Km dari permandian ini,” kata Hasima (29/2/16).

Bila musim kemarau, air sungai ini jadi sedikit bahkan kering. Terlihat beberapa orang pengunjung mendatangi permandian Kaburaburana. “Bagus pemandangan di sini. (Aliran) sungai di sini seperti anak tangga. Indah sekali, saya baru kali ini ke sini,” kata pengunjung asal Kota Baubau, Jeni Oktaviani (20).

Jeni datang berekreasi ke permandian Kaburaburana bersama teman2nya yang lain. Selain disuguhi tingkatan aliran sungai, permandian ini juga terdapat air jatuh dengan ketinggian 1,5 meter. Selain itu, permandian dipenuhi pepohonan hijau, hal ini menambah pesona di sekitar permandian tersebut.

Saat ini pemda berencana menjadikan permandian ini salah satu tempat wisata daerah. (Kontributor Baubau, Defriatno Neke; I Made Asdhiana; http://travel.kompas.com/read/2016/03/01/142100527/Indahnya.Aliran.Sungai.Ini.seperti.Melewati.Anak.Tangga.?utm_source=RD&utm_medium=box&utm_campaign=Kaitrd)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close