Iptek dan Lingk. Hidup

Arab Saudi lirik energy terbarukan

KOMPAS.com-Arab Saudi bersiap menyambut energi terbarukan selaim energi fosil, menyongsong pada masa dunia tidak lagi butuh energi dari minyak bumi. Eksportir minyak mentah terbesar dunia ini fokus pada energi terbarukan seperti energi matahari, jelang era ekonomi pasca minyak.

Hal itu disebutkan oleh Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi pada konferensi di Berlin. Namun, dia tidak mengharapkan era redupnya minyak akan terjadi secepatnya, dia mengestimasi bahan bakar fosil masih akan dibakar oleh banyak usaha di dunia hingga 50 tahun mendatang.

“Saya tidak terfikir ada negara ideal lain untuk energi terbarukan selain Arab Saudi, yang punya cahaya matahari berlimpah dan banyak lahan berpasir, yang dibutuhkan untuk panel surya,” kata al-Naimi. Studi dari kerajaan ini dan negara lain, mencari alternatif energi, sebagai bagian untuk berpindah dari energi migas, lanjut dia.

Bukan pertama kalinya pimpinan OPEC secara de facto ini memberikan sinyal bahwa pemerintahan mereka khawatir dengan dampak pemanasan global akibat bahan bakar fosil. Mereka pun mempersiapkan langkah, menyambut era paska minyak.

Pada konferensi iklim di Paris Mei tahun lalu, al-Naimi mengatakan Arab Saudi berencana untuk mengekspor energi listrik dalam jumlah besar dari panel surya dalam beberapa dekade mendatang. Sebelumnya, proposal untuk menjual sejumlah saham pada aset di Saudi Arabian Oil Co diumumkan oleh Deputi Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada awal Januari lalu.

Rencana ini mendorong spekulasi bahwa turunnya harga minyak telah mengintensifikasi rencana Arab Saudi untuk melakukan diversifikasi perekonomiannya. Negara ini berencana menginstalasi 54 gigawatts energi bersih pada 2040 menurut Bloomberg New Energy Finance.

Energi terbarukan akan berkontribusi 14% dari konsumsi energi global dan akan mencapai 19% di 2040, menurut International Energy Agency yang berbasis di Paris. (Aprillia Ika; Blomberg; http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/03/21/081613626/Bahkan.Arab.Saudi.pun.Kini.Mulai.Lirik.Energi.Terbarukan.Selain.Minyak)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close