Kesehatan

Pantangan Batuk yang harus dihindari

(hellosehat.com)-Saat terserangn Batuk banyak pantangan harus dihindari, Untuk meminimalisir tingkat keparahan banyak faktor wajib diketahui, contohnya antara lain menghindari makanan berminyak dan memastikan istirahat yang tidak cukup.

 

Lalu, apalagi yang harus dihindari saat tubuh terserang batuk? Ikuti penjelasan tentang pantangan saat batuk di bawah ini.

 

Beberapa pantangan saat batuk

1-Minuman dan Makanan dingin

 

Menurut Pradip Shah, dokter di RS Fortis Mulund India, umumnya batuk dan pilek dipicu makanan dingin seperti es krim dan minuman dingin lain. Meski tidak ada bukti ilmiah ketika makanan dingin memicu dan memperburuk kondisi batuk, tapi para pasien biasanya disarankan menghindari asupan dingin hingga batuk mereka dinyatakan sembuh.

 

Penjelasan masuk akal dari pantangan saat batuk, minuman makanan dingin akan menyebabkan pengeringan pada lapisan pernapasan sehingga rentan terhadap infeksi yang memicu batuk karena iritasi dan peradangan pada bagian tubuh.

 

2-Makan Banyak Saat Malam Hari

Jangan makan berlebihan pada malam hari menjelang tidur saat Anda memang lagi terserang batuk. Hal tersebut bisa menjadi pemicu batuk untuk orang yang menderita penyakit Gastroesophageal Reflux (GERD) alias penyakit asam lambung.

 

Orang  GERD mungkin memiliki sistem tubuh tak terlalu baik antara kontraksi dan relaksasi otot sphincter. Kedua jaringan yang tersambung otot itu berfungsi mencegah refluks makanan naik ke kerongkongan. Akibatnya, asam lambung mengalir kembali ke pipa makanan, menyebabkan iritasi lapisan memicu batuk. Lebih baik makan malam di waktu awal dan tidur 2 jam setelah waktu Anda makan.

 

3-Tidur terlentang

Posisi tidur jadi faktor penting pada pantangan saat batuk, jika ingin batuk cepat pulih. Tidur telentang, memicu batuk di malam hari, terutama jika Anda memiliki batuk produktif. Semua lendir dan dahak yang dikumpulkan sepanjang hari, mengalir ke atas ke tenggorokan ketika Anda tidur telentang. Tidur dengan posisi miring menjaga dahak menetap dan menghindari serangan batuk malam hari.

 

4-Makan Makanan yang digoreng

Makan2an yang digoreng dan berminyak itu pemicu batuk bertambah parah. Ketika menggoreng dalam minyak panas, makanan menghasilkan senyawa yang disebut akrolein, yang bertindak sebagai alergen serta memperburuk batuk dan menyebabkan gatal tenggorokan. Jadi selama batuk Anda belum pulih benar, baiknya hindari makanan berminyak dan yang digoreng, agar batuk tidak semakin parah.

 

5-Merokok

Merokok itu penyebab batuk yang berujung penyakit Bronkitis. Tidak hanya itu, merokok mengiritasi lapisan tenggorokan, dan juga penundaan pemulihan dapat meningkatkan risiko kanker. Begitupun dengan perokok pasif, hindari asap rokoknya jika Anda tidak mau batuk Anda semakin mejadi-jadi.

 

6-Minuman Berkafein

Pantangan batuk yang satu ini wajib menghindari minuman berkafein. Mengapa harus di hindari? Kafein harus dihindari karena keasaman yang dapat memperparah gatal di tenggorokan. Minuman yang mengandung kafein menyebabkan esophageal sphincter menjadi longgar dan hasilnya Anda akan batuk akibat keasaman zat kafein yang naik ke tenggorokan

 

7-Kerja Keras dan Lembur

Lembur, lelah, dan aktivitas berlebihan patut dihindari. Saat batuk, Anda butuh istirahat. Kondisi tubuh yang didera batuk, mengisyaratkan ada yang salah dengan tubuh Anda. Batuk ini titik puncak pada sistem kekebalan tubuh yang melemah dan istirahatkan yang baik dan cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh. (Novita Joseph; Bahan : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pantangan-saat-batuk-harus-dihindari/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close