Kesehatan

Menyanyi di Kamar Mandi dan Manfaatnya

(hellosehat.com)-SALAH satu hal yang bikin mandi lebih seru adalah Anda bebas menyanyikan lagu kesukaan Anda sekerasnya. Banyak orang menikmati bernyanyi di kamar mandi. Namun, mengapa orang2 cenderung bernyanyi sambil mandi, bukan sambil memasak atau bekerja?

 

Kenapa Banyak orang nyanyi di Kamar Mandi

Percaya atau tidak, suara Anda mungkin terdengar jauh lebih baik saat mandi. Anda jadi makin semangat mengadakan konser tunggal dadakan sambil membasuh seluruh tubuh. Selain suara jadi lebih baik, berikut alasan2 orang jadi ingin nyanyi di kamar mandi.

 

Pikiran Lebih tenang

Waktu mandi itu momen Anda benar2 punya waktu untuk diri sendiri, tanpa gangguan dari mana pun. Anda tahu tak akan ada orang yang menyelonong tiba-tiba ke dalam kamar mandi. Anda juga tidak perlu langsung membalas pesan singkat yang diterima dari aplikasi chatting saat mandi.

 

Dalam beberapa menit, Anda bebas dari tekanan dan pikiran. Perasaan aman dan nyaman pun meliputi Anda sehingga tubuh mulai memproduksi hormon dopamin.

 

Menurut penelitian oleh para ahli di Belanda dan AS, hormon dopamin bertanggung jawab memicu kreativitas seseorang. Karena pilihan Anda untuk mengekspresikan kreativitas terbatas, maka yang bisa dilakukan sambil mandi adalah menyanyi.

 

Peredaran Darah Lancar, memicu dorongan ingin menyanyi

Aliran air yang seolah memijat tubuh Anda memperlancar peredaran darah. Apalagi jika Anda mandi pakai air hangat. Karena peredaran darah lebih lancar, sirkulasi oksigen di tubuh jadi lebih baik. Reaksi fisik ini membuat Anda lebih bertenaga dan bersemangat. Karena itu, muncul dorongan melakukan hal2 yang penuh semangat dan keceriaan, misalnya menyanyi lagu2 kesukaan Anda.

 

Manfaat menyanyi di Kamar Mandi

Meskipun kesannya sepele, ternyata nyanyi di kamar mandi bisa mendatangkan berbagai manfaat buat tubuh dan pikiran Anda. Berikut adalah beragam manfaat menyanyi di kamar mandi.

 

1-Mengusir Stres

Menyanyi di kamar mandi bisa membuat Anda merasa jauh lebih baik. Menurut para ahli, saat menyanyi mau tak mau Anda melatih pernapasan. Apalagi ketika kadar oksigen di tubuh baik. Hal ini mirip seperti latihan yoga. Hal ini akan membuat Anda lebih rileks dan kadar stres pun berkurang.

 

2-Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hasil penelitian di Journal of Behavioral Medicine, menyanyi bisa menurunkan kadar hormon kortisol  tubuh. Hormon kortisol yang berlebihan mengganggu system kekebalan tubuh (imun). Maka, semakin sedikit hormon kortisol Anda, makin kuat pula kekebalan tubuh dalam menghalau berbagai penyakit.

 

3-Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian lain di Journal of Alzheimer’s Disease menunjukkan rutin menyanyi di pagi hari mampu meningkatkan daya ingat. Ini karena seni musik mampu merangsang aktivitas otak. Dengan demikian, fungsi kognitif otak pun jadi semakin terasah dan Anda bisa menghindari risiko dementia dan penyakit Alzheimer. (Susanto Harjono-72; Sumber dari Irene AnindyaPutri; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-nyanyi-di-kamar-mandi/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close