Kesehatan

Aktivitas yang dapat merusak Indra Pendengaran

(1health.id)-Kesehatan telinga sebagai alat pendengaran kerap tak diperhatikan banyak orang. Padahal kesehatan organ pendengaran ini mudah bermasalah dan berakibat serius. Masalah2 telinga bisa disebabkan oleh beberapa faktor kebiasaan yang seringkali tidak disadari, seperti:

 

1-Kebiasaaan mengorek telinga

Mengorek telinga terlalu dalam dapat melukai gendang telinga dan berujung kerusakan pendengaran. Selain itu, gendang telinga yang luka juga rentan terhadap infeksi dan cedera pendengaran lainnya. Untuk itu, ada baiknya jika Anda berhati-hati dan lakukan secara benar saat membersihkan telinga.

 

2-Bekerja di Lingkungan yang bising
Polusi suara dari lingkungan juga dapat merusak pendengaran. Bila Anda yang bekerja di lingkungan yang bising, sangat dianjurkan untuk menggunakan peredam intensitas suara saat bekerja.

 

3-Berenang tanpa Ear plug

Air yang kemungkinan masuk ke telinga saat berenang jberpotensi merusak pendengaran. Sebab, jika air terlalu dibiarkan berlama-lama di dalam, telinga akan menjadi tempat favorit jamur dan bakteri jahat untuk tumbuh. BIla saat berenang, telinga Anda kemasukan air, segera keluarkan dengan cara menggerakan kepala dari satu sisi ke sisi lain.

 

4-Penggunaan Headphone dan Earphone

Semakin besar volume dan lama waktu menggunakan headphone atau earphone, membuat Anda berisiko terganggu pendengarannya, bersifat sementara atau permanen.

 

Solusinya, cukup setel volume suara tidak keras, sekitar 60% dari keseluruhan total volume, dan batasilah waktu penggunaanya. (Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/4-aktivitas-yang-dapat-merusak-indra-pendengaran.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close