Wisata dan Kuliner

Bermotif Unik-Cantiknya Pudding Art Kreasi- Ibu Muda Demak

(lifestyle.okezone.com)-PUDDING art jadi camilan pilihan, karena bernilai gizi tinggi dan minim biaya serta mudah pembuatannya. Selain itu, pudding art juga bisa banyak dikreasikan sehingga jadi lebih indah dan menarik dan bernilai jual tinggi.

 

“Pudding art itu membuatnya mudah, praktis dan murah. Siapapun bisa membuat pudding art asalkan mempunyai niat dan kemauan,” tutur Nushrotul Amanati, yang akrab disapa Atik, (23/2/19).

 

Proses pembuatannya sederhana,  melalui 3 tahap, yaitu menyiapkan kanvas atau media untuk dihias berbahan dasar utama jelly, air dan gula pasir. Siapkan bahan injection atau motif berbahan dasar agar2, susu, gula pasir dan pewarna. Terakhir menyuntikan bahan motif itu ke kanvas pakai alat bantu jarum suntik sesuai kreasi masing2 dan dalam keadaan hangat.

 

“Dalam membuat pudding art, yang terpenting kreativitas tangan dan imajinasi masing2 peserta. Bisa bermotif bunga dan rumput, atau motif hewan” ujar Atik yang juga Ketua Kompetensi Keahlian Tata Boga, SMKN 1 Sayung, Demak.

 

Setelah ketiga tahapan itu selesai, lalu pembuatan pudding art ditutup dengan bahan penutup berbahan dasar jelly, susu cair, gula dan pewarna. Tujuannya menutup bekas injection agar pudding art terlihat lebih indah. “Setelah dibalik, alas puding art ditutup , agar semakin kelihatan cantik hasilnya,” kata dia.

 

Pembuatan pudding art itu diajarkan ke ibu2 muda di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mukti Utama Desa Karangsari Kec-Karangtengah Demak. Mereka terlihat antusias mendengar penjelasan dari instruktur dan langsung mempraktikkannya.

 

Meski masih pemula, namun tangan2 mereka cekatan membuat beragam motif hiasan. Langkah yang paling sulit adalah saat mereka harus menyuntikkan cairan pewarna. Jika salah teknik, saat pudding di balik, bukan bunga yang terbentuk melainkan padang ilalang.

 

“Ternyata pudding dapat dihias. Acara ini bagus. Seneng sekali. Dapat ilmu baru. Pudding art ini sebagai khasanah baru untuk membuat kulineran di rumah,” kata Sumi (36). (Hel; Tauffik Budi; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/02/23/298/2021847/bermotif-unik-cantiknya-pudding-art-kreasi-ibu-ibu-muda-demak)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close