Kesehatan

Menghindari Radang Tenggorokan di Musim Pancaroba

(republika.co.id)-JAKARTA; Peralihan musim membuat daya tahan tubuh tak menentu. Salah satu gangguan umum yang kerap menjangkit adalah radang tenggorokan. Berikut 7 cara sederhana untuk menghindarinya, seperti dikutip dari laman The Guardian.

 

1-Istirahatkan Tubuh dan Suara

Umumnya, radang tenggorokan sembuh dengan sendirinya dalam sepekan. Mengistirahatkan tubuh dan suara dengan tidur nyenyak yang cukup akan meredakan peradangan. Mengisap es batu, es loli, atau permen keras juga dapat membantu.

 

2-Minum Obat yang dijual bebas

Jika Anda merasa tidak nyaman, beli obat yang dijual bebas dari apotek bisa dilakukan. Minum obat yang mengandung parasetamol atau ibuprofen. Semprotan anaestesi akan melegakan radang, mengurangi rasa sakit serta kesulitan menelan.

 

3-Lakukan Gargle

Berkumur sampai rongga tenggorokan alias gargle dengan air garam itu cara lain yang bisa dijajal. Larutkan setengah sendok teh garam dalam air matang dan gunakan untuk gargle. Cara ini bisa dilakukan semua orang tapi sebaiknya tidak dilakukan anak2.

 

4-Jangan asal Minum Antibiotik

Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan virus, sehingga tidak mempan diobati dengan antibiotik. Bedanya, sakit tenggorokan karena virus disertai dengan gejala lain seperti pilek, batuk, mata merah atau berair, serta bersin-bersin.

 

5-Waspadai Pemicu Radang

Merokok dapat memicu radang tenggorokan karena iritasi pipa saluran pernapasan. Ketika sistem terkena iritasi, tubuh mencoba menghilangkannya dengan batuk, yang menyebabkannya lebih meradang. Sejumlah pemicu lain yaitu polusi udara, alergi, dan perubahan suhu.

 

6-Tingkatkan system Imun

Anda dapat mencegah radang tenggorokan dengan makan sehat dan seimbang serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain gaya hidup sehat, sistem imun bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi suplemen tertentu, seperti suplemen vitamin D.

 

7-Berkonsultasi dengan Dokter

Jika dengan sederet cara tadi radang tenggorokan masih bertahan lebih dari sepekan dan semakin parah, disarankan untuk berobat ke dokter. Tenaga medis profesional akan memberikan cara penanganan tepat untuk mengantisipasi gangguan kesehatan itu. (Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/19/01/30/pm4nbw349-7-cara-hindari-radang-tenggorokan-di-musim-pancaroba)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close