Aku cinta Indonesia

Airlangga Prediksi Dua Starup naik Kelas jadi Unicorn

(teknologi.bisnis.com)-JAKARTA; Menperin Airlangga Hartarto memperkirakan setidaknya 2 perusahaan rintisan teknologi domestik menyusul menjadi unicorn tahun ini. Dua perusahaan yang dapat menembus valuasi di atas US$1 miliar itu berasal dari dua bidang, yaitu pendidikan dan virtual reality.

 

“Dua2nya punya akses ke Silicon Valley dan banyak menteri dari negara lain datang belajar dari dua perusahaan ini,” ujarnya melalui keterangan resmi (23/2). Dia yakin 2 perusahaan itu meambah daftar unicorn yang didirikan anak bangsa. Saat ini ada 4 unicorn asal Indonesia yaitu Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.  “Presiden berharap unicorn di Indonesia terus bertambah, tidak hanya 4”.

 

Dia juga yakin unicorn dalam negeri mampu memberi efek berantai bagi arus investasi, pertumbuhan industri, dan serapan tenaga kerja. “Unicorn membawa modal asing masuk ke Indonesia, bukan modal dibawa keluar Indonesia,” ujarnya.

 

Pionir2 di ranah digital itu mampu jadi platform terbuka bagi UKM dalam negeri. Dia mengumpamakan, platform e-commerce mampu memberdayakan 4 juta pedagang dan mempertemukan dengan 15 juta konsumen. “Selain itu, e-commerce juga digunakan dalam program pemerintah yakni Program Keluarga Harapan,” ujarnya.

 

Pemerintah mendorong pengembangan infrastruktur dan teknologi digital mendukung implementasi industri 4.0 meliputi internet of things (IoT), big data, cloud computing, artificial intelligence (AI), maupun virtual & augmented reality.

 

“Untuk itu, perlu digali seiring meningkatnya interaksi dan makin konvergensinya batas antara manusia dan mesin dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ini harus berkembang dengan infrastruktur yang baik,” tuturnya.

 

Inisiatif revolusi industri 4.0 itu kekuatan besar di sektor industri manufaktur dengan mengoptimalkan pemanfaatan TIK. “Konektivitas jadi backbone dalam infrastruktur kesiapan revolusi industri 4.0. Dalam revolusi digital di Indonesia, kekuatannya infrastruktur 4G dan palapa ring. Palapa ring memberi kekuatan konektivitas digital. Ini telah dijalankan pemerintah belakangan ini,” paparnya.

 

Menperin optimistis, melalui palapa ring, seluruh Indonesia menikmati jaringan internet sehingga dapat menunjang dan mempermudah segala aktivitas masyarakat. “Jadi, mulai dari Banda Aceh sampai Papua, kecepatan 4G bisa dinikmati masyarakat tahun ini,” tuturnya.

 

Kemarin, roket SpaceX Falcon 9 lepas landas ke angkasa dari Cape Canaveral Florida, AS, membawa Satelit Nusantara Satu milik Indonesia ke orbit bumi. Satelit berteknologi high throughput satellite (HTS) ini berfungsi memperluas jangkauan layanan serta kecepatan jaringan internet ke seluruh Indonesia.

 

( N Nuriman Jayabuana; Andhika Anggoro Wening; Bahan dari : https://teknologi.bisnis.com/read/20190223/84/892484/airlangga-hartarto-prediksi-dua-startup-naik-kelas-menjadi-unicorn-baru)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close