Kesehatan

Dia Diinfus Karena Asam Urat-Ini Pemicunya

(health.detik.com)-JAKARTA; AD sempat diketahui mengeluh Asam Uratnya kambuh beberapa hari lalu. Belakangan, penyanyi ini dikabarkan drop hingga diinfus karena penyakit ini.

“Kemarin, Jumat kita dapat telepon kondisinya lebih parah. Sampai diinfus, dia minta diinfus dan minta pembantaran” kata SHD kepada detik.com di Surabaya (24/3/2019).

Penyakit gout, atau disebut asam urat, itu keluhan nyeri di persendian yang dipicu penumpukan kristal asam urat atau uric acid, yakni senyawa hasil metabolisme purin di tubuh. Akibatnya kadar asam urat di darah meningkat.

Ada hal2 pemicu serangan gout pada orang yang memiliki riwayat penyakit ini, namun tak semua hal itu langsung memicunya. Beberapa bisa mengalaminya setelah sejumlah paparan tertentu, lainnya bisa tak terpicu sama sekali.

“Tiap orang memiliki nuance/efek kecil masing2. Sebagian orang, makanan tertentu bisa memicunya, seperti boga bahari atau pesta bir. Yang lain mengalami gout pertama saat mereka pergi ke RS atau karena stres atau hidrasi,” kata Robert T Keenan, MD, MPH, dosen kedokteran di Duke University School of Medicine. Dirangkum dari situs WebMD, berikut pemicu2 gout atau asam urat:

 

Makanan

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Misalnya jeroan, boga bahari, sayuran seperti bayam. Purin banyak ditemukan pada makanan yang mengandung protein.

 

Alkohol

Bir dan semacamnya dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah dan memicu gout. Alkohol berbahaya karena bisa membuatmu dehidrasi, jadi pemicunya. Wine tidak termasuk salah satunya, asal tetap diminum dalam jumlah yang tidak berlebihan.

 

Obat2an

Obat2-an seperti obat untuk tekanan darah tinggi atau gagal jantung bisa memicunya. Selain itu, obat diuretik, beta-blocker dan cyclosporine bahkan aspirin berdosis rendah bisa menyebabkan serangan gout. Pastikan dokter tahu kita memiliki riwayat asam urat sebelum meresepkan obat2an tersebut.

 

Dehidrasi

Saat tubuh kita dehidrasi, jumlah asam urat dalam tubuh meningkat dan kemampuan ginjal membuang sisaan menurun. Sehingga ketika tubuh kita tak dapat cukup cairan, bisa jadi berisiko serangan gout.

 

Minuman Manis

Minuman manis umumnya mengandung gula tambahan seperti fruktosa, misalnya thai tea. Kandungan fruktosa bisa memicu serangan gout.

 

Stres Medis

Kondisi dan prosedur medis seperti cek rutin ke rumah sakit, pneumonia, operasi dapat meningkatkan kadar asam urat naik dan menyebabkan gout. Jika kita berencana akan periksa ke RS atau mendadak sakit, pastikan memberitahu doktermu soal riwayat asam urat. (frp/ask; Frieda Isyana Putri; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4481202/asam-urat-paksa-dhani-diinfus-kenali-deretan-pemicunya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close