Selingan

Marbot ini Fasih 7 Bahasa Asing

(lifestyle.okezone.com)-SEORANG pria asal Malaysia penjaga masjid alias marbot cakap berkomunikasi 7 bahasa asing. Kemampuan ini membuatnya berkomunikasi dengan mudah bersama turis asing yang mengunjungi masjid ini.

“Saya belajar kata2 atau frasa yang tidak saya mengerti berulang kali, jadi saya bisa fasih berbicara bahasa itu” kata Mohamad Khairul Azhar Mohd Razali yang  menjaga Masjid Putra di Putrajaya. Dia mempelajari bahasa Mandarin, Jepang, Korea, Vietnam, Persia, Thailand, dan Inggris dalam 17 bulan

Penggemar linguistik ini menginformasikan dia sedang belajar bahasa Filipina, karena pengunjung2 banyak yang dari Filipina, khususnya Muslim Mindanao. Dibesarkan di Kelantan, dia awalnya hanya bisa berbicara dialek Kelantan – bahasa asli Melayu – ketika dia pertama bekerja di ibu kota Kuala Lumpur.

Setelah sadar berkomunikasi dengan orang lain itu sulit, Khairul memutuskan belajar Bahasa Malaysia pada Mei 2017. Dalam waktu tiga bulan, dia menguasai dan berbicara bahasa itu dengan lancar.

“Saya pertama termotivasi belajar bahasa baru karena pekerjaan butuh saya untuk bisa berkomunikasi dengan turis asing yang mengunjungi Masjid Putra yang menarik perhatian banyak orang dari seluruh dunia,” jelas Khairul, dikutip Aboutislam (14/3/2019).

Untuk bisa berhasil, Khairul meminta pengunjung asing masjid mengajarinya frasa dasar bahasa ibu mereka, yang akan dia praktekkan sampai dia bisa fasih. Jika ada salah kata, para turis siap membantu menerjemahkan kata itu dengan benar dan dia mencatat semua yang dipelajari di buku catatannya.

Kini dia suka mempelajari bahasa asing dan bertemu dengan orang2 dari latar belakang yang berbeda. Khairul juga tidak keberatan dengan kesulitan yang dia terima dari pekerjaannya.

“Bahkan kelelahan dari shift 12 jam tidak menghentikan saya dari keinginan meningkatkan diri lebih baik. Saya berterima kasih kepada wisatawan,” katanya gembira. Menariknya, Masjid Putra itu masjid utama di Kota Putrajaya. Pembangunannya dimulai 1997 dan selesai 1999 untuk menampung 15.000 umat. Terletak di sebelah Perdana Putra, dan terdapat kantor PM Malaysia dan Danau Putrajaya.

Di depan masjid ada alun2 besar dengan tiang bendera yang mengibarkan bendera Malaysia. Masjid Putra berwarna merah muda, dibangun dengan granit warna merah dan punya 3 area fungsional utama – aula shalat, Sahn atau halaman, dan berbagai fasilitas belajar serta ruang serba guna. (ndr; Nur Anisa Putri; Bahan dari :  https://lifestyle.okezone.com/read/2019/03/14/612/2030026/luar-biasa-marbot-ini-fasih-bicara-dalam-7-bahasa-asing)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close