Kesehatan

Penyakit yang perlu diwaspadai di Usia Tua

(health.detik.com)-JAKARTA; Tambah usia, orang2 yang kita cintai juga makin tua. Jadi kita harus peka pada kondisi Kesehatan orang tua kita agar bisa menghabiskan sisa usianya dengan bahagia dan sehat. Dilansir Vital Record, ada penyakit yang perlu diwaspadai masuk usia senja. Berikut diantaranya.

 

Kemampuan Sensori yang terganggu

Mulai dari penglihatan-pendengaran, indera ini yang  tersering dialami orang di atas usia (70). Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS, satu dari 6 lansia bermasalah visual dan satu dari 4 terganggu pendengaran. Keduanya bisa dibantu dengan alat Kacamata atau alat bantu dengar.

 

Kesehatan Mulut

Kesehatan mulut salah satu masalah penting bagi lansia. Ditemukan 25% orang dewasa di atas usia 65 tidak lagi memiliki gigi alami. Masalah2 gigi berlubang dan kerusakan gigi menyebabkan kesulitan mempertahankan diet sehat, menurunnya kepercayaan diri, dan kondisi kesehatan lain.

Masalah kesehatan mulut berhubungan dengan orang dewasa yang lebih tua adalah mulut kering, penyakit gusi dan kanker mulut. Kondisi ini dapat dikelola/dicegah dengan pemeriksaan gigi rutin.

 

Masalah Pencernaan

Sembelit berdampak pada kualitas hidup orang tua. Kondisi ini berkaitan masalah lain yang terjadi di usia tua, malnutrisi. Pemenuhan asupan serat yang kurang berdampak masalah pencernaan. Pastikan lansia memiliki berat badan ideal, makan2an sehat dan ber-OR teratur untuk menghindari masalah.

 

Percaya ataau tidak HIV/AID

Pada 2013, CDC menemukan bahwa 21 persen kasus AIDS terjadi pada manula di atas usia 50 di AS, dan 37% kematian pada tahun yang sama adalah orang berusia di atas 55 tahun.

Diagnosis HIV yang terlambat sering terjadi pada dewasa yang lebih tua karena gejala HIV mirip dengan masalah penuaan yang normal, sehingga lebih sulit mengobati dan mencegah kerusakan pada sistem kekebalan tubuh. (ask/up; Aisyah Kamalia; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4473087/4-penyakit-yang-harus-diwaspadai-di-usia-tua)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close