Selingan

Kehidupan 37 Wanita penghuni di Kampung Janda

 (news.detik.com)-PASURUAN; Para penghuni Kampung Janda tinggal gratis di Perumahan Arbain, Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil, Kab-Pasuruan. Mereka tidak terbebani sewa rumah sehingga penghasilan mereka bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.


“Tak ada biaya sama sekali, alhamdulillah. Penghasilan bisa untuk bayar listrik dan keperluan sehari-hari,” kata Nurussatik (47), salah satu penghuni Kampung Janda saat berbincang dengan detikcom, (12/3/2019).

Janda tiga anak asal Kecamatan Kraton, Kab-Pasuruan ini mengatakan para penghuni Kampung Janda mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan bekerja di sejumlah bidang. Sebagian bekerja di pabrik sebagian lain sebagai pembantu rumah tangga.

“Ada juga yang punya keahlian tertentu jadi bisa mengajar kursus, ada yang menjahit, ada yang bikin usaha jajanan rumahan kecil2an. Anak2 yang sudah dewasa tapi belum menikah juga membantu bekerja. Ada yang jadi ojek online dan lainnya,” terangnya.

Nur Hayati, penghuni lain mengaku bisa memenuhi kebutuhan dengan usaha jajanan rumahan. “Saya buat rengginang, dijual di sekitar sini” terang warga Bangil ini.


Beberapa bulan terakhir pemda memberi pelatihan pembuatan handycraft dari kertas bekas. Meski belum bisa diandalkan sebagai mata pencaharian, hasil karya para janda ini diikutkan dalam pameran2.


“Iya ada pelatihan2. Ibu-ibu sangat semangat belajar. Semoga nantinya bisa menjadi pemasukan tambahan,” timpal Nurussatik. Lurah Gempeng, M Ikhwan, mengatakan pihak kelurahan sangat mengapresiasi kreativitas para penghuni Kampung Janda.

“Kami upayakan ke dinas2 terkait agar mereka mendapat pelatihan2 lebih intensif. Hasil karya mereka sudah diikutkan pameran2. Kantor kami juga pakai produk mereka seperti vas bunga, tempat tisu dll” terang Ikhwan.


Selain itu untuk meringankan beban hidup para penghuni, pihaknya juga memastikan mereka menerima bantuan2 pemerintah. “Kan mereka berhak, makanya kita pastikan dapat rastra dan bantuan lain” kata Ikhwan. (fat/fat; Muhajir Arifin; Bahan dari : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4463418/begini-kehidupan-37-wanita-yang-menghuni-di-kampung-janda)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close