Selingan

Restoran Futuristik-Pakai Robot melayani Pengunjung

(lifestyle.okezone.com)-ADA perubahan perilaku untuk para konsumen seiring berkembangnya zaman. Jika dulu banyak orang memilih restoran karena ingin menyantap hidangan lezat, kini perilaku dan prioritas konsumen mengalami pergesaran.

 

Urusan rasa jadi nomor kesekian karena mereka cenderung pilih tempat makan/resto dengan suasana nyaman, instagramable dan kadang berkonsep futuristik. Hal ini mendorong sejumlah restoran di dunia mengusung konsep baru sebagai cara menarik perhatian konsumen.

 

Okezone berhasil merangkum 3 resto berkonsep futuristik, canggih, dan menggunakan tenaga robot untuk melayani pengunjung. Berikut ulasan lengkapnya, dilansir dari berbagai sumber.

 

Spyce

Beberapa waktu lalu, restoran asal Massachusetts, AS, mengumumkan mereka akan menggunakan teknologi robot melayani para pelanggan. Konsep ini diusung oleh Spyce.

 

Cara kerjanya unik, pengunjung restoran dapat pesan makanan melalui komputer layar sentuh. Lalu, salah satu ‘pekerja’ dari total 7 robot yang disiapkan memasak tiap pesanan makanan dalam hanya kurun waktu tiga menit.

 

Restoran ini masih mempekerjakan 3 karyawan manusia yang bertugas menyajikan makanan ke meja pengunjung, serta memandu mereka memesan makanan. Menu makanannya beragam, yang berbahan dasar daging atau makanan khusus vegetarian, pescatarian, vegan, hingga gluten free. Harga yang dipatok cukup terjangkau Rp103 ribu per porsi.

 

Momenntum Machines

Inovasi berbasis robot juga dilakukan restoran di San Fransisco, AS. Mereka menjual burger berbahan daging sapi segar yang ternyata dibuat oleh para robot.

 

Robot2 itu hasil inovasi perusahaan startup bernama Momentum Machines, yang mengklaim dapat mengolah burger lezat, segar, cepat, dan murah. Menurut laporan Tech Crunch, robot2 itu hanya butuh kurang dari lima menit untuk menggiling daging sapi segar, sebelum dibentuk jadi patty yang akan dipanggang.

 

Selain dilengkapi selada, bawang, tomat, burger lezat ini disajikan dengan taburan oyster aioli, smoky charred onion jam, biji bunga matahari, dll. Menurut pengakuan CEO Tech Crunch, Alex Vardakostas, penggunaan teknologi robot ini menghabiskan lebih banyak bahan2 makanan dibanding resto burger lain

 

Chennai’s Porur

 Selain AS, India juga punya teknologi robot canggih untuk mengoperasikan restoran. Tidak hanya mengolah makanan, robot yang digunakan oleh restoran di Chennai, India ini juga bisa berinteraksi dengan para pengunjung menggunakan dua bahasa sekaligus, Bahasa Inggris dan India.

 

Pengalaman futuristik tersebut akan langsung dirasakan pengunjung ketika memasuki pintu restoran. Di bagian resepsionis, sebuah robot sudah siap menyambut tamu dan menjelaskan apakah Anda harus masuk dalam daftar tunggu atau bisa langsung menuju meja makan.

 

Tidak hanya itu, seluruh pelayan yang ada di restoran ini juga menggunakan tenaga robot yang sengaja belum diberi nama sehingga pengunjung dapat menamainya sendiri.

 

Dari segi menu relatif beragam, meski konsep utama yang diusung adalah hidangan khas Indo-Asian. (ndr; Dimas Andhika Fikri; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/02/22/298/2021696/3-restoran-futuristik-pakai-robot-untuk-layani-pengunjung)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close