Kesehatan

Stres Bisa Picu Sakit Maag-Ini Kata Ahli Pencernaan

(health.detik.com)-JAKARTA; Pesan singkat yang tersebar menyebutkan stres bisa jadi penyebab utama sakit Mag. Peningkatan Asam Lambung saat stres diklaim lebih tinggi dibanding saat telat makan.

“Penyebab utama sakit mag yang terbanyak adalah justru stres. Stres menduduki tempat paling utama penyebab tukak lambung,” tulis pesan tersebut.

Menanggapi kabar itu, dokter spesialis konsultan saluran cerna dari RSCM, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH mengatakan kabar itu hoax. Stres bukan jadi sebab utama keluhan peningkatan produksi asam lambung. “Stres hanya mencetuskan timbulnya asam lambung yang memperburuk keluhan. Bukan  jadi penyebab utama gangguan ini” kata dr Ari pada detikHealth (28/3/2019).

Menurut dr Ari, stres tidak akan mengakibatkan seseorang mengalami gangguan asam lambung. Namun seseorang dengan keluhan asam lambung, bisa mengalami gangguan itu saat berada dalam tekanan.

Istilah mag mengacu pada gangguan saluran cerna akibat peningkatan produksi asam lambung. Kondisi bisa bersifat fungsional atau organik bergantung penyebabnya. Masyarakat kini lebih sering mengalami mag fungsional akibat gaya hidup, bukan organik akibat bakteri. (up/up; Rosmha Widiyani; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4487167/stres-bisa-picu-sakit-mag-ini-kata-ahli-pencernaan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close