Kesehatan

Pemudik Dari Makassar Anak Tularkan Covid 19 Ke Orang Tuanya

(suaramerdeka.com)-JEPARA; Mudik dari Makasar, seorang anak tularkan covid-19 ke ortunya. Kasus ini di daerah Welahan, Jepara.

 

Juru bicara  Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara dokter Fakhruddin menyampaikan, lelaki berinisial K dan perempuan berinisial S ini terkonfirmasi positif covid-19 setelah hasil swab diterima tim GTPP covid-19 Jepara Selasa (26/5).

 

Kedua pasien tidak memiliki riwayat perjalanan keluar daerah, namun diketahui melakukan kontak dengan anaknya yang baru mudik dari Makassar.

 

”Saat ini anaknya masuk ring satu yang melakukan kontak erat dengan pasien dan akan dilakukan swab yang direncanakan Kamis (28/5) besok,” tuturnya, Selasa (26/5).

 

Kedua pasien semula merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) RSUD RA Kartini Jepara yang telah diperkenankan  pulang dan karantina mandiri di rumah sejak Sabtu (16/5).

 

”Swab terhadap pasien dilakukan tanggal 11 dan 12 Mei dan hasilnya baru kami ketahui Rabu ini (kemarin red),” tuturnya.

 

Menurutnya, sebelumnya pasien ditetapkan sebagai PDP karena memiliki gejala yang mengarah ke covid-19. Semula, keduanya datang ke Puskesmas Welahan I pada 8 Mei dengan keluhan sesak nafas dan batuk. Kemudian dilakukan uji laboratorium darah dan disarankan rawat jalan.

 

”Karena keadaan memburuk, pada 9 Mei pasien dibawa oleh keluarganya ke RS PKU Muhammadiyah Mayong. Pada 10 Mei, pasien dirujuk ke RSUD RA Kartini,” terangnya.

 

Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, tim kesehatan GTTP mentracing kasus K dan S. Hasil sementara, ada 11 orang yang masuk ring satu termasuk anak pasien yang baru mudik. Mereka di-swab pada Kamis (28/5). Adapun ring dua ada 16 orang yang dirapid tes  Selasa (26/5) sampai Rabu (27/5).

 

”Tuan K dan Nyonya S sendiri akan di-swab lagi Rabu (27/5) dan Kamis (28/5),” terangnya. (Septina Nafiyanti;  Bahan dari : https://www.suaramerdeka.com/regional/muria/229897-mudik-dari-makasar-seorang-anak-tularkan-covid-19-ke-orang-tuanya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close