Opini dan sukses bisnis

Sukses di Animasi Kiko Masuk Pasar Game Global(1/2)

(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA; Industri animasi Tanah Air berpotensi merebut pasar animasi yang dikuasai asing. Hal ini dibuktikan Kiko. Serial 3D garapan MNC Animationini berhasil merambah 30 negara. Menyusul sukses ini, MNC Animation merilis Kiko dalam bentuk mobile games.

Peluncuran game : Kiko Run itu dilakukan pekan lalu. Kiko Run bertarget pasar internasional. Menurut CEO MNC Animation, Liliana Tanoesoedibjo game Kiko Run ini murni karya anak bangsa, sehingga patut diapresiasi.

”Projek MNC game ini kita bicarakan-2018 dan baru kali ini di-launch. Kita sudah memasuki teknologi digital 4.0 dan akan 5.0. Jadi kita harus selalu update dan jadi market leader,” kata Liliana dalam peluncuran Game Kiko Run di MNC Studio, Jakarta.


Dia optimistis Kiko Run diterima luas pasar karena bagus untuk anak2 melatih ketangkasan dan memori. Deputy CEO MNC Animation, Ella Kartika mengungkapkan peluncuran game Kiko Run ini juga bertujuan go internasional. Pasalnya Intelectual Property (IP) Kiko ini telah tayang di lebih dari 30 negara di dunia termasuk di AS dan Korea, sehingga pangsa pasar game bisa meluas.

MNC Game terus meningkatkan produksi games dan 2019 ini dipastikan ada game terbaru dari MNC Games. Kiko yang kini memasuki season keduanya. Kiko (bahasa Inggris: Kiko: The Animated Series) atau dikenal sebagai New Kiko sejak Februari 2016 itu serial animasi anak2 dirilis pada 9/8/2014/pramusim) dan 7/2/2016 (musim pertama) di Indonesia dan disiarkan di RCTI.

Secara perlahan Kiko makin digemari anak2 dan mampu bersaing dalam pasar animasi. Seiring berjalannya waktu, Kiko berkembang jadi game yang bisa dinikmati siapa saja dengan smartphone.

Kiko adalah anak ikan yang tinggal di lembah bawah laut bernama Kota Asri bersama teman2nya, Poli, Lola, Patino, dan Ting Ting. Lazimnya anak2, mereka hobi mengendarai sepeda, bermain video game, dan mengecat rumah bersama.

Tapi, ketika petualangan memanggil, mereka akan ber-sama2 menjalani petualangan seru seperti ambil bunga eksotis dari gurun berbahaya hingga berurusan dengan Karkus yang flamboyan dan sahabat karibnya, Pupus, yang dari waktu ke waktu “mengganggu” mereka dengan ide2 gila. Ber-sama2, mereka menyelesaikan masalahnya dan jadi pahlawan hari itu.

Keberhasilan Kiko meraih perhatian anak2 dan keluarga bukan isapan jempol. Terbukti Kiko memiliki rating baik, yaitu 3.9 atau 26.8% orang nonton Kiko saat ditayangkan tiap Minggu pukul 09.00 WIB.

Selain diapresiasi pemirsa, Kiko meraih Panasonic Gobel Awards 2016 (Best Kids and Animation Programme) dan Indonesian TV Awards 2017 & 2018 (Favourite Local Children Programme).

Head of Marketing Communications MNC Animation Suhendra Wijaya menceritakan latar belakang cerita atau kisah Kiko diangkat dari majalah Just For Kids. Pada 2014, MNC Animation meluncurkan pre-season serial animasi Kiko yang ditayangkan di RCTI setiap Minggu pukul 09.00 WIB. Pada 2016 animasi Kiko berlanjut ke season 1 dan 2. Bersambung………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close