Opini dan sukses bisnis

Sukses di Animasi Kiko Masuk Pasar Game Global(2/2)

(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA; Melihat antusiasme sahabat Kiko, pada 2018 tim MNC Animation memulai produksi Kiko Movie & Kiko season 3 dan di saat bersamaan satu divisi MNC Animation, MNC Games, juga meluncurkan games pertamanya.

Yaitu Kiko Run yang diadaptasi dari serial animasi Kiko. Games ini bisa diunduh di Apps Store dan Play Store. Dia menekankan dalam tiap episode Kiko, pihaknya berusaha memberi nilai2 moral seperti persahabatan, kerja sama, saling menghargai, dll sehingga Kiko tidak hanya sebagai tonton hiburan keluarga, tetapi juga edukatif dan inspiratif.

“Kehadiran Kiko ini bentuk keprihatinan dan upaya agar anak2 dapat tontonan layak serta edukatif yang berguna bagi perkembangan mereka karena program anak di Indonesia minim dibanding program dewasa” katanya.

Dia akui proses pengembangan dan develop dari Kiko ini ada kesulitan dan tantangan membuat animasi berkualitas dan digemari anak2. Ada dua hal jadi kesulitan yang dialami, yakni kreativitas dan waktu karena dituntut terus menghasilkan konten dan ikon yang disukai anak2. Pihaknya berupaya tetap menjaga kualitas visual dan ceritanya.

Salah satu bentuk pengembangan di tengah sukses tayangan Kiko yang jadi favorit anak Indonesia dan   menambah pasar digital, pihak MNC Animations terus berinovasi dan akhirnya menelurkan konten game yang diberi nama Kiko Run. Kini Kiko Run jadi tantangan bagi MNC Animation menghadapi  teknologi. Visi perilisan menjadikan Kiko sebagai CGI animasi lokal terbaik di Indonesia dan diakui dunia.

Demi mewujudkan visi ini, MNC Games membuat terobosan di dunia mobile games menggunakan IP buatan MNC Animation. Kiko Run diambil dari IP MNC yang tayang tiap Minggu di TV swasta, dan sudah direncanakan pengembangannya sejak-2018.

“Kiko Run itu wujud kreativitas MNC Media mengolah hiburan di platform2. Game ini untuk waktu senggang atau refreshing supaya tidak terlalu kecanduan dan memberi hiburan baru untuk anak2”. Proses develop game secara garis besar punya tahapan seperti Requirements – Design – Development – QA yang diulang terus sampai kita mencapai kesepakatan fitur yang kita inginkan.

Kendala dan kesulitan selalu dihadapi oleh tim. Positifnya kami menganggap itu challenge yang kita perlu selesaikan untuk berkembang jadi lebih baik dan masyarakat juga merespons baik.

“Sejauh ini respons masyarakat baik, dapat dilihat dari jumlah download yang meningkat drastis setelah Press Conference. Ditambah banyaknya respons positif di Play Store dan App Store, membuat Kiko Run dapat rating 4,5. Ini membuktikan game Kiko Run disukai masyarakat Indonesia,” paparnya.

Kiko Run ini game aksi berlari tanpa akhir di dunia bawah air. Kiko Run mulai diproduksi (Mei 2018). Meski bukan game endless run pertama, Kiko Run itu unik, yaitu menghadirkan atraksi lebih hidup dan persahabatan erat dari Kiko dan teman2nya sehingga pemain dapat ikut merasakan petualangan seru bersama Kiko dan para sahabatnya.

Pemerhati film animasi Tito Imada mengatakan potensi pasar animasi yang bagus di Indonesia didukung dengan sumber daya manusia yang jago dan berpengalaman. Dia menggariskan kondisi ini diimbangi dengan sinergi antara animator dengan sutradara, scriptwriter, dll sehingga tercipta ekosistem baik.

“Saya jamin mampu sukses industri animasi kalau berani serius industrial, pakai orang sesuai bidangnya” (nfl/Thomas Manggala; Bahan : Koran Sindo dan https://lifestyle.sindonews.com/read/1384303/158/sukses-di-animasi-kiko-masuk-pasar-game-global-1551830482)-FatchurR * Tamat………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close