Wisata dan Kuliner

Diguyur Hujan-Tour De Bintan 2019 Tetap Meriah Dengan Tari Melayu

(m.merdeka.com)-GUYURAN HUJAN, trek basah dan licin tak mengurangi semangat peserta Tour de Bintan 2019 (30/3). Mereka tak peduli cuaca itu. Sebelum eda, peserta tampak ber-kali2 mengecek sepedanya, mencoba menggowes di sekitar panggung utama. Mereka tak sabar untuk bertanding.

 

Peserta kelas Grand Fondo Classic kategori wanita dilepas oleh Kadisbudpar Bintan, Wan Rudy, pukul 08.20 WIB. Sekitar 10 menit kemudian, peserta Grand Fondo Classic kategori pria kelompok pertama juga dilepas dalam suasana gerimis.

 

Pelepasan diawali penampilan 10 penari laki2 yang membawakan tarian khas Melayu, disambung kumandang lagu Indonesia Raya. Tak kalah dari peserta, antusias penonton terlihat di sekitar titik start. Terlebih saat panitia melempar kaos2 yang jadi rebutan pengunjung.

 

Sebelum group 4 dilepas, 8 penari laki2-perempuan kembali membawakan tarian Melayu dengan iringan musik khas. “Ini ditampilkan sebagai upaya mengenalkan seni budaya Melayu pada peserta yang mayoritas berasal dari mancanegara,” ujar Wan Rudy.

 

Kelas Grand Fondo Classic diikuti peserta pria-wanita 6 group dari rentang usia (19) sampai di atas (50). Nantinya, yang jadi juara akan kembali bertanding pada tahap selanjutnya di Polandia. Tour de Bintan 2019 diikuti 2000 peserta dari 48 negara, dengan peserta terbanyak dari Singapura.

 

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, gelaran event Tour de Bintan berdampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi daerah. Peserta akan melihat lebih dekat wajah Bintan dan menikmati semua yang tersaji, dengan keluarga masing2.

 

Dari sisi amenitas, hotel2 di tempat event yakni Bintan Lagoon full booked sejak jauh hari. Saya yakin hotel2 lain juga demikian. Semua akan mendapat untung dari Tour de Bintan. Termasuk para pengusaha kuliner, bakal kebanjiran tamu, ungkapnya.

 

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menyatakan, peserta dapat keuntungan dobel dari ajang ini. Selain mengukir prestasi, mereka juga dapat menikmati keindahan alam dengan jalan2 yang ditata lebih baik, serta sejumlah resorts kelas internasional yang mengagumkan.

 

Dengan kejuaraan ini, kawasan Lagoi khususnya Bintan Lagoon Resort akan terangkat. Sejauh ini, sport tourism selalu membawa multy efek besar. Dampak langsungnya hotel penuh, karena pembalap juga membawa keluarga serta official, ungkapnya.

 

Menpar Arief Yahya menyatakan, sport tourism jadi salah satu konsep yang berhasil menarik wisatawan mancanegara. Terbukti, dari tahun ke tahun kunjungan wisman ke Bintan terus meningkat. Ini menjadi kabar baik bagi industri pariwisata setempat.

 

Sebagai sport event, terbesar yang dicari adalah indirect impact, atau lebih sering disebut media value. Itulah yang tersebar luas di seluruh dunia, dan membuat pamor Indonesia khususnya Bintan makin tenar, tandasnya.  (mdk/paw; Anwar Khumaini; Bahan dari : https://m.merdeka.com/gaya/kendati-diguyur-hujan-tour-de-bintan-2019-tetap-meriah-dengan-tari-melayu.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close