Wisata dan Kuliner

Destinasi Setigi Bekas Penambangan

(travel.okezone.com)-WISATA SETIIGI; objek wisata kekinian dan viral di medsos. Siapa yang sudah ke objek ini? Perlu diketahui, Setigi gabungan dari kata (Selo, Tirto, Giri), Selo berarti batu, Tirto= air dan Giri = bukit. Tiga paduan elemen yang menjadi satu membuat keunikan tersendiri dari Wisata Setigi.

 

Wisata Setigi di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Jatim. Berjarak 27 Km dari exit tol Manyar ke arah Tuban, dengan waktu tempuh 40 menit. Sebelum diberdayakan jadi objek wisata kekinian, tempat ini dulu area penambangan batu kapur dan tempat pembuangan sampah yang disulap jadi destinasi wisata  memukau.

 

Tempat ini dibangun dengan konsep wisata alam dan edukasi. Terlihat dari bangunan seperti rumah adat Honai Papua, Patung Semar, Patung Gopala, Patung Duarapala dan Candi Topeng Nusantara.

 

Selain untuk edukasi, banyak pengunjung yang menjadikanya sebagai spot foto instagenic. Konsep yang berbeda dan dipadukan pemandangan batuan kapur menambah keindahan dan keunikan tempat ini.

 

Kades Sekapuk Abdul Halim menuturkan, Setigi dibangun dari kebangkitan persoalan yang panjang. Tepatnya lokasi ini dulu area pascatambang. “Ini terobosan inovasi kami memberikan edukasi dengan pola anak milenial,” katanya dikutip dari channel YouTube Cita Entertainment.

 

Wisata Setigi dibangun di atas lahan 5 ha. Hadirnya objek wisata Setigi masalah terbesar di dunia pasca penambangan, sampah dan pengangguran dapat teratasi. “Setigi jadi wisata yang menyelesaikan tiga masalah besar di dunia. Masalah pertama pascatambang, yang kedua sampah menggunung dan yang ketiga menuntaskan pengangguran,” ungkap Abdul Halim.

 

Wisata Setigi menghadirkan wahana lain. Yakni area bermain ATV, danau buatan fasilitasnya perahu bebek, menjelajahi goa pancawarna dan goa emas. Fasilitas wisata Setigi memadai, yakni lahan parkir luas, gazebo, kedai makanan, musholla dan toilet bersih. Tak heran jika objek ini ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau musim liburam tiba.

 

Tahun 2021, Abdul Halim berencana membuka wahana lain, yakni pemandian kolam berenang juga museum batu kapur karst. “Tahun 2021 saya launching pemandian sama kolam renang. Kolam renang hijabers sama kolam renang banyu gentong. Kita juga membangun museum karst (museum batu kapur),” pungkasnya.

 

(dwk; Jaya Wanda Puspa Bekti Bahan dari :  https://travel.okezone.com/read/2020/11/27/408/2317141/viral-wisata-setigi-dulunya-bekas-penambangan-ini-penampakannya-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close