Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Dari Kebiasaan Berenang

(m.merdeka.com)-Berenang, salah satu olahraga yang bisa menyehatkan sekaligus menyegarkan. OR  ini juga sering jadi rekreasi dan waktu bermain bagi banyak orang.

 

Berenang mampu membantu menyehatkan tubuh dan juga otak ketika dilakukan rutin. Dilansir dari Medical Daily, sejumlah manfaat ini bisa diperoleh dari kebiasaan berenang.

 

Meningkatkan aliran darah ke otak

Aliran darah yang baik ke otak dapat membantu meningkatkan memori, suasana hati, dan tingkat fokus seseorang. Hasil penelitian tahun 2014 menemukan bahwa membenamkan tubuh ke kolam bisa membuat aliran darah ke otak meningkat 14%. Sedangkan aliran darah ke arteri serebral posterior meningkat sebesar 9%.

 

Merangsang produksi hormon di otak

Berenang mampu membuat otak melepaskan hormon endorfin yang bermanfaat mengelola stres dan kecemasan serta memperbaiki suasana hati. Adanya hal ini bisa membuat kamu terhindar dari depresi.

 

Mengingat kemampuan mengingat

Berenang akan menggantikan neuron atau sel otak yang hilang. Ketika sel otak tidak lengkap, maka bisa mengganggu kemampuan otakmu dalam mengingat. Selain itu, gangguan di hippocampus otak akibat neuron yang rusak juga bisa membuat seseorang rentan terkena depresi.

 

Meningkatkan kemampuan  motorik

Gerakan yang dilakukan saat berenang akan menumbuhkan serabut saraf di corpus callosum yang bertugas menghubungkan otak kanan dan otak kiri. Ketika kedua bagian otak ini bergerak secara bersamaan, maka akan menyebabkan peningkatan kemampuan motorik.

 

Sejumlah manfaat kesehatan itu bisa didapatkan dengan berenang secara rutin. Selain menguatkan kesehatan tubuh, hal ini juga dapat membantu menguatkan kesehatan otak. (mdk/RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : https://m.merdeka.com/sehat/4-manfaat-luar-biasa-yang-bisa-diperoleh-dari-kebiasaan-berenang.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close