Kesehatan

Mengonsumsi Antibiotik

Antibiotik adalah penemuan terbesar dalam evolusi manusia dalam upaya mengobati berbagai penyakit. Obat ini biasanya digunakan mengobati atau mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Penisilin merupakan antibiotik pertama yang digunakan untuk membunuh bakteri dalam tubuh manusia.

Saat ini, ada sekitar 100 antibiotik yang tersedia di pasaran. Setiap orang bisa mendapatkan berbagai jenis antibiotik dengan mudah di toko obat atau apotek. Akibatnya, banyak orang mengonsumsi antibiotik tanpa konsultasi medis terlebih dulu.

Kebiasaan semacam ini tentu tak patut dicontoh. Selain berbahaya, mengonsumsi antibiotik tanpa resep dokter dapat menimbulkan komplikasi penyakit. Berikut adalah cara aman untuk mengonsumsi antibiotik saat sakit, seperti dilansir Boldsky.

1. Jangan konsumsi lebih dari satu jenis antibiotik pada waktu bersamaan
Anda bisa mengonsumsi lebih dari satu antibiotik pada waktu bersamaan, jika itu memang diresepkan secara medis. Kalau tidak, jangan coba-coba mengonsumsi lebih dari satu jenis antibiotik  bersamaan.

2. Kurangi interval minum antibiotik
Kurangi interval minum antibiotik untuk menghindari pengembangan resistensi terhadap obat. Menurut ECDC (European Centre for Disease Prevention and Control), resistensi antibiotik jadi ancaman kesehatan yang serius di seluruh dunia. Resistensi antibiotik adalah kemampuan bakteri atau kuman untuk melakukan perlawanan terhadap pengaruh antibiotik. Kondisi tersebut mengakibatkan bakteri atau kuman menjadi kebal terhadap antibiotik.

3. Hindari alkohol ketika mengonsumsi antibiotik
Jangan mengonsumsi minuman beralkohol sehabis minum antibiotik. Menurut berbagai penelitian, percampuran antara antibiotik dan alkohol akan menghasilkan zat kimia yang disebut acetaldehyde yang bisa menimbulkan komplikasi kesehatan.

4. Minum banyak air
Antibiotik membuat ginjal bekerja lebih keras. Oleh karena itu, Anda harus minum lebih banyak air atau cairan seperti jus buah sehabis mengonsumsi antibiotik.

5. Pastikan Anda tidak mengalami alergi
Merasa mual atau pusing setelah minum antibiotik? Itu pertanda Anda mengalami alergi terhadap antibiotik tertentu. Maka, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi antibiotik.

Banyak orang menjadi “dokter pribadi” bagi dirinya sendiri. Kebiasaan minum antibiotik tanpa resep dokter bisa berujung pada komplikasi penyakit. Jadi, jangan ambil banyak risiko dengan sembarangan minum antibiotik. [des; http://www.merdeka.com/sehat/5-cara-aman-minum-antibiotik.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close