TELKOMGrup dan SEKAR

Telkomsel Rekrut 750 Patriot Desa Digital

(teknologi.bisnis.com)-JAKARTA; Telkomsel mendukung peningkatkan ekonomi masyarakat melalui program Patriot Desa Digital. Patriot Desa Digital (PDD) merupakan program CSR Telkomsel bekerja sama dengan Mobisaria yang menginisiasi pembentukan komunitas berliterasi digital.

 

Tujuannya meningkatkan perekonomian masyarakat dan kualitas warga desa atau pinggir kota kecil. Director Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachrir mengatakan melalui PDD perseroan ingin membentuk komunitas bermutu di perdesaan untuk memberi edukasi digital guna pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat.

 

“Tujuannya agar banyak local hero sebagai PDD yang melek teknologi, menciptakan lapangan kerja baru di era digital serta membantu bisnis masyarakat dan pelaku UMKM” kata Irfan dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (1/4/2019).

 

Program PDD akan diselenggarakan di 5 kota yaitu Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar bagi BUMDes, UMKM, dan BMT melalui edukasi literasi digital. Implementasinya, kegiatan ini akan melibatkan lembaga keuangan non-bank Lembaga Keuangan Mikro (LKM) atau Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS).

 

Aktivitas2 dalam program ini antara lain : Seminar, lokakarya, asistensi dan monitoring kepada lebih dari 750 Patriot Desa Digital di 250 desa seluruh Indonesia serta 50 BMT mulai bulan Maret hingga Desember 2019.

 

Seminar dan talkshow dengan tema pemberdayaan ekonomi desa dengan teknologi yang bertujuan memberi wawasan kepada masyarakat desa tentang pemanfaatan produk dan aplikasi dalam membangun ekonomi digital serta semangat meraih kesuksesan usia muda di era digital.

 

Seminar ini berlangsung sehari dan mengakomodir 300 peserta dari kalangan masyarakat desa sasaran, yang kemudian diseleksi untuk mendapatkan 150 Patriot Desa Digital di setiap Kota penyelenggaraan.

 

Para PDD terpilih akan mengikuti workshop Training of Trainer berisi aktivitas Focus Discussion Group dan pendalaman materi mengenai digital marketing, fitur aplikasi, role play, serta pembentukan online forum sebagai sarana komunikasi dan informasi. Selain itu PDD diberikan asistensi dan monitoring online dan visitasi berkala (6 bulan) terkait problem solving, tips marketing dan juga forum diskusi.

 

Telkomsel bekerja sama dengan Mobisaria sebuah platform digital yang menghubungkan antara masyarakat pedesaan dengan institusi keuangan, pasar serta bisnis modern. Mobisaria memanfaatkan tiga fondasi ekonomi desa yaitu koperasi/BMT, pesantren, dan rumah tangga.

 

“Program PDD kami harapkan menciptakan ekosistem keuangan yang sehat, efektif serta efisien. Selain itu, dapat mendorong peningkatan literasi digital di wilayah rural sehingga menjadikannya sebagai  cashless society yang dapat meningkatkan perekonomian negara,” tutup Irfan.  (Leo Dwi Jatmiko; Editor : Demis Rizky Gosta; Bahan dari  :  https://teknologi.bisnis.com/read/20190401/101/906923/telkomsel-rekrut-750-patriot-desa-digital)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close