Iptek dan Lingk. Hidup

Cara Mudah Cari Kiblat Pakai AR

(cnnindonesia.com)-JAKARTA, Untuk memudahkan pencarian kiblat, pengguna bisa menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) di layanan Qibla Finder yang disediakan Google. Layanan ini berupa situs menggunakan teknologi AR untuk menunjukkan arah kiblat ke pengguna di Bulan Ramadan ini.

Untuk menggunakannya, tinggal mengetik Ramadan atau Qibla Finder di kolom pencarian Google. Pada pencarian Ramadan, akan muncul pilihan “Prayer Times” dan “Petunjuk Kiblat”. Pilih petunjuk kiblat, maka pengguna akan dibawa ke laman Qibla Finder. Pengguna juga bisa mengakses laman ini di alamat qiblafinder.withgoogle.com.

Saat buka aplikasi besutan Google ini, pengguna mesti mengaktifkan kamera dan lokasi pengguna. Taruh layar ponsel dihadapan pengguna, akan muncul tanda panah yang mengarahkan ke mana pengguna mesti memutar ponsel untuk menemukan dimana Kakbah berada. Jika Anda berada di arah yang tepat, maka akan muncul gambar Kakbah disertai jarak ke Kakbah.

 

“Fitur pengarah kiblat menggunakan AR. Jadi benar2 ditunjukkan gambar lokasi kita sehingga lebih mudah mencari arah kiblat,” kata Product Marketing Manager Google Indonesia Ridzky Novasandro saat pemaparan fitur Google Ramadan, di Jakarta Selatan, Kamis (16/5).

Ridzky mengatakan fitur ini menarik dan memudahkan konsumen. Pasalnya fitur ini menggabungkan dunia nyata dan dunia maya. Selain soal Qibla Finder, Google juga menjelaskan kalau aplikasi Google Maps juga memberi daftar rekomendasi restoran terdekat untuk berbuka bersama. Google meluncurkan fitur ini karena membaca tren berbuka puasa.

 

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami mengatakan banyak orang kesulitan menentukan tempat untuk berbuka puasa. Dalam fitur rekomendasi ini, Google bekerja sama dengan Qraved. “List ini hanya untuk di daerah Jakarta. Di list ada review, buka jam berapa dan beberapa ada yang bisa langsung reservasi,” kata Veronica.

Bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden, Google Google juga memperbarui infomasi seputar mushola, rest area, dan posko mudik. “Untuk mudik Google Maps bisa bantu navigasi tapi selain itu kita sudah kerjasama dengan pemerintah memperbarui informasi lokasi,” kata Veronica. (jnp/eks; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190516141035-185-395439/cara-mudah-cari-kiblat-pakai-ar)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close