Kesehatan

Cara Sahur Sehat Selama Ramadhan(2/2)

(republika.co.id)-

 

  • Hindari makanan-minuman terlalu asin/manis agar tetap terhidrasi sepanjang hari. Mengonsumsi 2 gelas air putih saat sahur itu kewajiban agar terhidrasi. Namun, jangan banyak mengonsumsi garam atau saus mengandung garam dan gula. Selain itu, minuman manis dan makanan olahan membuat anda cepat haus. Hindari kafein. Sebab, kafein menyerap air dari tubuh.

 

Masukkan bahan ini di makanan Anda: Gunakan asam dan bumbu dan rempah lain. Untuk memenuhi hidrasi tubuh, tidak ada yang lebih baik daripada air putih. Meski susu rendah lemak, sup, dan jeli bermanfaat, konsumsilah cairan itu dalam jumlah sedikit, sehingga Anda tidak merasa kembung. Makan buah2 dan sayuran yang berair untuk variasi dosis ekstra.

 

  • Kelola asupan gula halus untuk menghindari penurunan tingkat energi secara tiba-tiba. Ada alasan bagus untuk menghilangkan terlalu banyak minuman beraroma dan makanan manis yang meningkatkan kadar gula darah.

 

Sangat tidak menyenangkan jika kerap merasakan penurunan tiba-tiba tingkat energi selama waktu produktif saat berpuasa. Masukkan ini dalam makanan Anda: puaskan kebutuhan makanan dan minuman manis dengan jus buah favorit.

 

  • Fokus kualitas, bukan kuantitas. Makan dan minum lebih banyak, karena anda tidak mengonsumsi selama 13 jam. Namun, lebih baik fokus kualitas makanan daripada jumlah yang bisa anda makan. Sertakan serat, karbohidrat (sederhana dan kompleks), protein dan lemak (tidak jenuh) mengisi tubuh sepanjang hari.

 

Mulailah makan dengan satu hingga dua gelas air, serta beberapa buah untuk menghangatkan sistem pencernaan anda. Masukkan ini dalam makanan Anda: semangkuk sereal berbahan dasar gandum dengan susu rendah lemak, ditambah segenggam kacang tawar dan pisang irisan.

 

Atau sandwich gandum (telur atau tuna menjadi isian) yang dikemas dengan selada. Pasangkan roti isian itu dengan apel renyah. Hidangan nasi merah sederhana dengan daging dan sayuran, juga merupakan awal yang baik untuk pagi hari.

 

  • Jangan makan saat larut malam, apalagi melewatkan makan sahur. Makan berat sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, dan terganggu tidur. Makanan yang melebihi kebutuhan tubuh akan cepat diubah menjadi lemak. Sebaliknya, makanan sahur harus diatur dengan sempurna untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama puasa.

 

(Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ratna Puspita; Bahan dari :  https://www.republika.co.id/berita/ramadhan/tips-puasa/19/05/05/pr0gni428-7-cara-sahur-sehat-selama-ramadan)-FatchurR * Tamat………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close