Kesehatan

Melewatkan Sahur Bisa Buat Tubuh Mudah Sakit

(republika.co.id)-JAKARTA; Ahli gizi dari Instalasi Gizi RSCM Triyani Kresnawan menyatakan melewatkan  sahur di saat puasa dapat membuat tubuh mudah sakit. Tubuh jadi mudah sakit karena imunitas atau daya tahan tubuh berkurang.

 

“Efek dari melewatkan makan sahur selain memecah kandungan lemak juga dapat memecah zat penting yaitu protein dalam tubuh sehingga bisa menurunkan imunitas,” katanya di Jakarta, Jumat (11/5).

 

Pada dasarnya puasa memiliki kemungkinan besar untuk membakar lemak sebagai cadangan energi karena tubuh membutuhkan kalori untuk beraktivitas. Namun sering melewatkan makan sahur dapat berakibat buruk dalam jangka waktu yang lama.

 

“Tidak hanya menghancurkan lemak, melainkan juga protein dan kalau terus terjadi maka berat badan turun. Imunitas juga menurun karena daya tahan tubuh berkurang,” kata dia.

 

Mengganti sahur dengan makan di tengah malam sebelum tidur juga tidak dianjurkan. Ini karena durasi antara makan malam hingga waktu berbuka akan menjadi lebih lama.

 

Triyani menyebut cara itu juga bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuh saat berpuasa. Akan tetapi pola makan yang diterapkan kurang tepat dan tidak dianjurkan. Dia menyatakan waktu yang paling baik untuk makan sahur ialah mendekati imsak.

 

Saat berbuka, segerakan dengan memakan makanan ringan terlebih dahulu. Setelah itu baru dilanjutkan menyantap makanan utama.

 

Triyani menyarankan asupan gizi harus tetap dijaga seimbang saat bulan puasa yang membuat jadwal makan iadi 2x sehari. Asupan makanan saat berbuka harus memenuhi 50 persen kebutuhan energi dalam sehari.

 

Sisanya yakni 10% kebutuhan energi setelah tarawih berbentuk makanan ringan dan 40% asupan makanan saat sahur. (Christiyaningsih Bahan dari : Antara dan https://www.republika.co.id/berita/ramadhan/tips-puasa/praw2l459/lewatkan-makan-sahur-bisa-buat-tubuh-mudah-sakit)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close