Iptek dan Lingk. Hidup

Cara NASA Mempersiapkan Kendaraan Penjelajah Mars Tahun 2020

(cnnindonesia.com)-Jakarta,NASA akan memasang webcam yang memungkinkan warga menyaksikan perakitan Rover yang akan diterbangkan NASA ke Mars 2020, Kamis (6/6) pekan lalu.

Webcam ini akan dipasang dengan sudut tinggi, sehingga siapapun bisa mengamati insinyur2 dan teknisi merakit dan mengetes rover itu di Laboratorium Propulsi Jet (JPL) NASA di Pasadena, California, AS. “Kami senang bisa membagikan bagian dari perjalanan ke Planet Merah pada publik, kapan saja mereka mau,” jelas McNamee kepala proyek Mars 2020, seperti tertulis di laman NASA.

 

Untuk menyaksikan siaran langsung tersebut, bisa mengunjungi situs Mars NASA berikut. Tautan ini akan menyiarkan secara terus menerus apa saja yang dilakukan di ruangan tersebut.

https://mars.nasa.gov/mars2020/mission/where-is-the-rover/

Kegiatan insinyur2 itu bisa disaksikan lewat Youtube. Namun, siaran Youtube akan tayang dalam waktu tertentu dan sudah dimoderasi. NASA memperingatkan kalau ruangan ini bisa saja terlihat kosong ketika perakitan dipindahkan ke ruangan JPL lain, atau ketika rover itu tengah dites. Jam kerja insinyur2 dimulai pukul 8 pagi waktu setempat atau sekitar pukul 22:00 WIB, setiap Senin hingga Jumat.

Siaran Webcam bernama “Seeing 2020” in menampilkan video ruangan sebuah rover dirakit di ruangan dengan lantai bersih. Penonton bisa saling berinteraksi dengan webchat langsung dengan tim media sosial JPL dan tim Mars 2020. Mereka akan berinteraksi dengan pengunjung dan menjawab pertanyaan mereka tentang misi ini.

 

Saat ini rover yang akan dikirim ke Mars pada 2020 tengah memasuki masa akhir perakitan dan pengetesan. Nantinya rover ini akan diterbangkan ke Mars dari Kennedy Space Center NASA di Florida pada 17 Juli 2020, seperti dikutip The Indian Express.

Kendaraan jelajah ini diperkirakan akan mendarat di Mars pada 18 Februari 2021. Rover ini akan mengumpulkan batuan dan tanah dan memasukkannya ke tabung sampel.

Material ini akan dipakai mencari wilayah yang pernah jadi tanda2 kehidupan masa lalu. Mereka akan mencari kehidupan mikroba di planet itu (eks/eks; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190611145249-199-402410/intip-cara-nasa-siapkan-kendaraan-penjelajah-mars-pada-2020)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close